Tidak Hanya Ciremai, Berikut Ini Gunung di Kuningan Yang Wajib Diketahui

Tidak Hanya Ciremai, Berikut Ini Gunung di Kuningan Yang Wajib Diketahui

Puncak Manik, salah satu gunung yang ada di Kabupaten Kuningan yang memiliki bentuk seperti Gunung Tangkuban Perahu di Bandung.-Tangkapan Layar Video-Youtube

Makam tersebut adalah Waliyullah Maulana Syaikh Manshur Mulya Mangkuning Nagara atau lebih dikenal dengan nama Maulana Syaikh Manshuruddin yang memiliki keturunan dari Sunan Gunung Djati.

Ada empat jalur pendakian menuju pucak Mayana; dari Ciketak, Sindangjawa, Kadugede, Desa Nangka, dan desa Longkewang. 

BACA JUGA:Pemkab Kuningan Punya Utang, Ini Tugas Pansus Gagal Bayar Usulan Fraksi

Bagi pendaki yang takut dengan jalur yang curam bisa menuju puncak Mayana melalui Jalur Nangka, tetapi bagi Anda yang suka dengan jalur yang memiliki tantangan, bisa melalui jalur desa Sindangjawa.

Meskipun jalur pendakian dari arah Desa Nangka lebih mudah, namun kebanyakan peziarah atau wisatawan lebih menyukai pendakian melalui jalur Desa Sindangjawa, selain jalurnya yang menantang, pendaki juga akan terkesima dengan sajian pemandangan alam sepanjang jalur pendakian yang dilewati.

4. Gunung Tilu

Gunung Tilu adalah gunung yang terletak dekat perbatasan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

BACA JUGA:3 Kecamatan di Kabupaten Kuningan Salah Satunya Mandirancan, Jumlah Perempuan Lebih Banyak

Secara administratif pemerintahan, Gunung Tilu termasuk ke dalam wilayah Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana dan Desa Cimara, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan.

Gunung Tilu merupakan kelompok pegunungan yang setidaknya mempunyai tiga puncak tertinggi yaitu puncak Sukmana (1.154 m dpl), puncak Gunung Tilu (1.076 m dpl), dan puncak lainnya yang tidak diketahui namanya (1.112 m dpl).

Masyarakat cukup beralasan menyebut kawasan gunung tersebut dengan Gunung Tilu, yang berarti tiga. Karena dari setiap sudut, kawasan tersebut selalu memperlihatkan tiga gundukan gunung. 

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, di gunung ini Anda bisa bertemu langsung dengan peninggalan zaman dulu yaitu berupa beberapa batu berbentuk naga. 

BACA JUGA:WAJIB DIPENUHI, 4 Syarat Dalam Pembangun Jalan Lingkar Timur Selatan Kuningan

Batu yang berbentuk naga ini dinamakan situs naga. Meski telah diteliti, situs batu naga ini masih menyimpan misteri yang belum terpecahkan.

Rute terdekat menuju gunung ini adalah dari arah Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar kuningan