Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dan Tanggal-tanggal Penting yang Harus Diingat Oleh Calon Peserta

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dan Tanggal-tanggal Penting yang Harus Diingat Oleh Calon Peserta

Syarat pendaftaran KIP Kuliah 2024. Ilustrasi foto:-kemdikbud.go.id-

CIREBON, RADARCIREBON.COM -- Syarat pendaftaran KIP Kuliah 2023 harus dipersiapkan sebaik mungkin agar peluang lolosnya menjadi lebih besar.

Syarat pendaftaran program KIP Kuliah 2023 ini sangat penting. Sebab, akan menentukan lolos atau tidaknya calon peserta.

Adapun pendaftaran bisa dilakuan secara online dengan mengakses laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau dengan aplikasi KIP Kuliah yang dipasang di handphone.

Nah, Kementerian Pendidikan telah menentukan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta KIP Kuliah Merdeka 2023.

BACA JUGA:Cara Daftar KIP Kuliah 2023, Bisa Kuliah Gratis dan Dapat Subsidi Biaya Hidup

BACA JUGA:Aplikasi Bayar Pajak di Kuningan, Seluruh Layanan dalam Satu Layar

Syarat pendaftaran KIP Kuliah 2023 tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau  memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos;
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Adapun tanggal-tanggal penting yang perlu diingat oleh para pendaftar KIP Kuliah 2023 dikutip dari laman kemdikbud.go.id adalah sebagai berikut.

  • Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah dibuka mulai tanggal 14 Februari 2023 dan akan ditutup pada 31 Oktober 2023.
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) akan dilaksanakan mulai 16 Februari 2023 dan ditutup pada 27 Februari 2023

BACA JUGA:Terungkap, Ini Dia Pengusaha Terkaya di Kuningan, Setoran Pajaknya Paling Besar

BACA JUGA:Tangani Situasi Kamtibmas di Papua, Polri Kirim Ratusan Personil Brimob

Perlu diketahui, KIP Kuliah Merdeka 2023 merupakan program bantuan dari pemerintah untuk siswa yang memiliki kemampuan akademik bagus dengan keterbatasan ekonomi.

Sehingga, siswa yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi tersebut bisa melanjutkan cita-citanya untuk belajar di perguruan tinggi dan meraih gelar sarjana.

Program KIP Kuliah ini memiliki sejumlah keunggulan. Pertama, perndaftaran tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Kemudian, peserta yang sudah terdaftar sebagai pemilik KIP Kuliah akan dibebaskan dari biaya pendidikan di perguruan tinggi. Nantinya, biaya pendidikan akan langsung dibayarkan ke pihak perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: