Cara Dapat Pinjaman Modal Kredit UMi, Pedagang Seblak dan Warung Kelontong Merapat

Cara Dapat Pinjaman Modal Kredit UMi, Pedagang Seblak dan Warung Kelontong Merapat

Cara dapat pinjaman modal kredit UMi. Ilustrasi foto: -djpb.kemenkeu.go.id-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Cara dapat pinjaman modal melalui kredit UMi mudah dan simpel saja.

Pemerintah menyediakan layakan kredit UMi ini untuk para pelaku usaha ultra mikro. Yaitu, pelaku usaha di bawah usaha mikro yang tidak terfasilitasi secara perbankan.

Lembaga penyalur kredit UMi ini bukan bank, tapi Lembaga Keuangan Bukan Bank atau LKBB yang sudah memenuhi persyaratan pemerintah.

lembaga penyalur kredit UMi yang sudah sesuai persyaratan pemerintah antara lain PT Pegadaian, PT Bahana Artha Ventura, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).  

Nah, lewat program pembiayaan ini, pemerintah ingin menyarah pelaku usaha lapisan terbawah yang selama in kesulitan mendapatkan bantuan permodalan.

BACA JUGA:Bukan KUR, Pinjaman Modal Pedagang Kecil Alias Pelaku Usaha Ultra Mikro Lewat Program UMi, Cek Persyaratannya

Termasuk tidak sulit mendapatkan akses terhadap program KUR alias Kredit Usaha Rakyat yang disalurkan melalui bank dengan menyasar para pelaku UMKM

Nah, cara yang harus dilakukan orang yang ingin mendapatkan pinjaman modal melalui kredit UMi adalah dengan menyiapkan beberapa dokumen berikut ini:

  • Foto calon nasabah kredit UMi
  • Foto KTP calon nasabah dan pasangan atau keluarga yang tercatat dalam satu Kartu Keluarga
  • Foto Kartu Keluarga atau KK
  • Foto jaminan
  • Foto usaha
  • Foto tempat tinggal

Sementara itu, dalam artikel yang ditulis oleh Kepala Seksi Bank KPPN Jakarta V, Febe Debora Sinlaeloe,  dalam laman djpb.kemenkeu.go.id dijelaskan pengertian dan tujuan kredit UMi. 

Menurut Febe Debora, pemerintah menggulirkan program ini untuk untuk menyediakan fasilitas pembiayaan yang mudah dan cepat bagi pelaku usaha ultra mikro.

BACA JUGA:Pelaku Usaha Ultra Mikro Seperti Pejual Seblak Bisa Dapat Pinjaman Modal, Bukan Lewat KUR

"Serta menambah jumlah wirausaha yang difasilitasi Pemerintah," demikian tulisnya.

Adapun, penyaluran kredit UMi oleh pemerintah kepada para pelaku usaha kecil ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 193/PMK/2020.

Nah, perpersyaratan untuk mendapatkan pinjaman modal kredit UMi juga cukup mudah yaitu, debitur tidak sedang dibiayai oleh kredit program pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: