Pemenang Lelang Pengelolaan TPPAS Legok Nangka Diumumkan Akhir Mei 2023

Pemenang Lelang Pengelolaan TPPAS Legok Nangka Diumumkan Akhir Mei 2023

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Biro Adpim Jabar-

TOKYO, RADARCIREBON.COM - Pemenang lelang proyek pembangunan Tempat Pembuangan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka di Nagreg, Kabupaten Bandung akan diumumkan akhir Mei atau paling lambat Juni 2023. 

Hal itu mengemuka dalam pertemuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan jajaran pimpinan Japan International Cooperation Agency (JICA) di Tokyo, Jepang, Senin 6 Maret 2023.

BACA JUGA:Tegas! Pemerintah Dukung Penuh Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023

Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih kepada JICA yang telah membantu proses percepatan beroperasinya Legok Nangka. 

"Kami berharap setelah Legok Nangka, JICA bisa mereplikasi proyek serupa di wilayah lain di Jabar seperti di kawasan Bekarpur (Bekasi, Karawang, dan Purwakarta)," katanya.

BACA JUGA:Dorong Penyaluran Rumah Bersubsidi 2023, BSI Hadir di Gema Tapera

Senior Vice President JICA Nakazawa Keiichiro menyebutkan bahwa Legok Nangka akan menjadi contoh sukses replikasi dari perusahaan Jepang yang nanti akan membangun sistem pengolahan sampah waste to energy. 

"Bagi perusahaan Jepang ini akan menjadi contoh sukses pengembangan sistem waste to energy di Jawa Barat," ujar Nakazawa Keiichiro. 

BACA JUGA:Kak Seto Hadiri Pelantikan LPAI Kota Cirebon, Inilah Pesan yang Disampaikan

Sebelumnya diberitakan sudah ada dua perusahaan Jepang yang mengikuti lelang untuk pembangunan sistem penolahan sampah TPPAS Legok Nangka

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil juga menawarkan pengembangan Patimban. 

Menurutnya, jika berhasil dikembangkan sesuai dengan rencana, Patimban akan menyumbang 50 persen pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. 

BACA JUGA:Bikin Haru, Siswa SMPN 3 Tasikmalaya Patungan Beli Sepatu Teman

"Setelah ada pelabuhan laut, Patimban akan dikembangkan menjadi wilayah kota maritim untuk mendukung keberadaan pelabuhan laut, seperti Yokohama di Jepang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase