Ternyata Ini Lho Penyebab Terbakarnya Depo Pertamina Plumpang Jakarta

Ternyata Ini Lho Penyebab Terbakarnya Depo Pertamina Plumpang Jakarta

Kobaran api yang berasal dari Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara yang meledak pada Jumat 3 Maret 2023 malam.-hasil tangkap layar-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Insiden terbakarnya Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara beberapa waktu lalu, ternyata bukan berasal dari tangki BBM.

Namun, penyebab utama dari terbakarnya Depo Pertamina Plumpang ini berasal dari sebuah pipa.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

BACA JUGA:Serangan Jantung Tak Kenal Usia, Begini Saran dari Praktisi Kesehatan

Nicke menyebut, kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, bukan berasal dari tangki BBM.

"Insiden itu ada di mana? Itu kalau kita di pojok atas kanan, pas di belokan, di situ. Jadi, bukan di tangkinya tetapi di pipanya," kata Nicke.

"Kalau dilihat ada pipa yang masuk ke dalam tangki tersebut. Di pipa inlet itu lah yang terjadi kebakaran," imbuhnya yang disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Selasa 14 Maret 2023.

BACA JUGA:SATU-SATUNYA di Kota Cirebon, Berburu Barakuda di Resto Pinggir Pantai Kejawanan

Menurut Nicke, tangki-tangki dan seluruh instalasi fasilitas yang ada di TBBM Plumpang atau Depo Pertamina Plumpang masih aman dan tidak terbakar.

"Yang terbakar adalah pipa yang inlet saja," lanjutnya.

Nicke menjelaskan, api yang membakar pipa Depo Pertamina Plumpang tersebut dapat dipadamkan dalam waktu 1 jam setelah kejadian dan berikutnya proses pendinginan.

BACA JUGA:Buka Forum Silaturahmi Masyarakat Adat Jabar, Uu Ruzhanul: Kebudayaan Harus Dilestarikan

"Itu pun berhasil kami padamkan dalam waktu 1 jam setelah itu didinginkan sehingga setelah 3 jam dinyatakan aman sehingga pada saat itu setelah kejadian pukul 04.00 sudah diaktifkan digunakan kembali tetapi pipanya kami off-kan tidak digunakan," tuturnya.

Adapun, kata dia, suplai BBM selanjutnya menggunakan pipa yang berasal dari laut untuk menjamin suplai BBM tetap aman kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase