7 Jenis Channa Kerdil Ukuran 8 sampai 17 Senteimeter, Cocok Ditempatkan di Ruangan Kecil

7 Jenis Channa Kerdil Ukuran 8 sampai 17 Senteimeter, Cocok Ditempatkan di Ruangan Kecil

Ikan Channa atau Gabus makin popular sebagai ikan hias. Foto:-Tangkapan layar-ikanesia.id

Ikan Gabus yang berasal dari Myanmar ini memiliki ukuran tubuhnya hingga mencapai 14 sentimeter. Channa Panaw ini pun sudah banyak dipelihara sebagai ikan hias. 

Meski masih jarang di pasaran, Channa Panaw ini menjadi salah satu buruan para kolektor karena warna dan motifnya yang unik.

5. Channa Longistomata 

Ikan Gabus hias ini beradal dari Vietnam. Tergolong ikan predator dengan ukuran kecil. Size maksimalnya mencapai 16 sentimeter. 

Sayangnya, Channa Longistomata cukup langka di pasaran Indonesia. 

6. Channa Pardalis 

Ikan gabus hias ini bisa mencapai ukuran maksimal hingga 17 sentimeter. Masih bisa dipelihara dalam akuarium berukuran sedang dan bisa ditempatkan di kamar atau ruang tamu yang kecil.

Channa jenis ini memiliki ciri-ciri unik. Misalnya tubuh yang berwarna hitam dengan aksen biru. Warna biru di tubuhnya ini terang dan seolah-olah menyala jika terkena cahaya lampu.

7. Channa Pomanensis 

Channa Pomanensis  juga bisa hidup sampai ukuran maksimal 17 sentimeter. Ikan gabus ini berasal dari perairan tawar di India.

Sayangnya, motif Channa Pomanensis ini tampak monoton. Tidak ada warna yang menyolok. Namun demikian, Channa jenis ini juga dapat menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: