Sabil Guru yang Dipecat, Ternyata Pernah Menjadi Relawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2023

Sabil Guru yang Dipecat, Ternyata Pernah Menjadi Relawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2023

Muhammad Sabil memberikan pernyataan kepada wartawan di Kota Cirebon, Kamis 16 Maret 2023. Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Muhammad Sabil Fadhillah (34) mantan guru di salah satu SMK swasta di Cirebon tertanyata pernah menjadi relawan atau pendukung Ridwan Kamil.

Muhammad Sabil Fadhillah adalah guru yang dipecat oleh sekolahnya lantaran menyampaikan kritik kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Muhammad Sabil Fadhillah menyampaikan kritik di kolom komentar media sosial Instagram dengan menggunakan kata “Maneh”.

BACA JUGA:Fikom Unisba Buka Peluang Kuliah Jarak Jauh, Solusi untuk Para Pekerja dan Profesional

Ternyata, Muhammad Sabil Fadhillah pada saat pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tahun 2018, dia menjadi relawan atau pendukung Ridwan Kamil.

Kendati menjadi pendukung sang gubernur di Pilgub Jawa Barat tahun 2018, dia bergabung dengan tim sukses.

Sementara soal kritikan yang dilayangkannya ke Ridwan Kamil, Sabil menyebut hal itu merupakan bentuk kepedulian dan sayang.

BACA JUGA:Yes! Naturalisasi Disetujui DPR RI, Tiga Pemain Keturunan Belanda Resmi Jadi WNI

"Karena bagi saya dengan mengkritik itu sebenarnya tanda sayang," ucapnya dikutip dari akun Instagram @mrivky.

Sementara soal kritikan yang dilayangkannya ke Ridwan Kamil, Sabil menyebut hal itu merupakan bentuk kepedulian dan sayang. "Karena bagi saya dengan mengkritik itu sebenarnya tanda sayang," terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Ridwan Kamil melalui cuitan di medsosnya mengatakan, jika seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walaupun kadang disampaikan secara kasar.

BACA JUGA:Besok Sidang Isbat untuk Tentukan Awal Ramadan, Pantai Baro Gebang Jadi Titik Pantau Hilal

Kang Emil mengatakan, sudah ribuan kritik masuk, dan selalu direspon dengan santai dan biasa saja. Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja.

Dia mengatakan, mungkin karena yang melakukannya  adalah seorang guru, yang mungkin akan ditiru oleh murid-muridnya, maka pihak sekolah perlu menjaga nama baik insitusi dan memberikan tindakan tegas sesuai dengan peraturan sekolah yang bersangkutan.

BACA JUGA:Pembebasan Lahan di Dua Desa Kelar, Jalan Lingkar Timur Selatan Kuningan Siap Digelar

"Karenanya setelah berita itu hadir, saya sudah mengontak sekolah/yayasan, agar yang bersangkutan cukup dinasehati dan diingatkan saja, tidak perlu sampai diberhentikan," kata Ridwan Kamil.

Sabil mengkritik postingan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Instagram yang memberi apresiasi kepada siswa di Tasikmalaya karena memberikan sepatu kepada teman sekelasnya, Selasa 14 Maret 2023. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase