Bangun Kolaborasi UMKM Bersama Bumdes

Bangun Kolaborasi UMKM Bersama Bumdes

BAZZAR. Kabid UMKM Dinkop dan UKM Kabupaten Cirebon, Dr Maharto MSi (kanan) bersama pelaku UMKM saat menggelar bazar di pendopo Bupati Cirebon.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon gencar memamerkan produk unggalan UMKM. Tujuannya mengenalkan olahan produk lokal ke masyarakat secara luas. Belum lama ini, Dinkop dan UKM kembali menggelar bazzar di Pendopo Bupati Cirebon.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra MSi mengatakan, perekonomian pelaku UMKM sudah semestinya didongkrak, sebagai penopang laju pertumbuhan ekonomi nasional. Sebab, keberadaan UMKM berdampak pada kesehatan masyarakat.

"Karenanya, kami selalu memfasilitasi para pelaku UMKM di berbagai bazar dan promosi. Seperti bazar UMKM di kegiatan dialog Forum Bumdes se Kabupaten Cirebon di pendopo, pada 20 Maret 2023 lalu," ujar Dadang, melalui Kabid UMKM, Dr Maharto MSi, kepada Radar, kemarin.

Menurutnya, apa yang dilakukan pihaknya itu agar para pelaku usaha mikro bisa meningkatkan daya saing dan omsetnya secara berjenjang. Oleh sebab itu, kehadiran pelaku UMKM di dialog Forum Bumdes Kabupaten Cirebon dengan menghadirkan para tokoh nasional bisa memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM.

BACA JUGA:Sidak ke Pasar, DKPPP Imbau Masyarakat Waspada Makanan Mengandung Formalin

BACA JUGA:Razia Gabungan Skala Besar di Indramayu, Polisi Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Kesucian Ramadan

"Momentum itulah yang kemudian, kita bangun kolaborasi UMKM dan Bumdes rangka dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," ucapnya. Ia menjelaskan, bahwa Bumdes itu tidak lepas dari menggerakkan perekonomian masyarakat desa.

Artinya, keberadaan Bumdes bisa membangun struktur ekonomi bagi pelaku usaha mikro. "Kami yakin, Bumdes bisa melakukan itu. Terlebih, ketua Forum Bumdes mempuyai komitmen yang jelas dalam menggerakkan perekonomian desa secara berkesinambungan," imbuhnya. (sam)

BACA JUGA:Petani Garam Rawaurip Cirebon Menagih Janji Moeldoko yang Diucapkan 2 Tahun Lalu

BACA JUGA:132 Ekor Kambing Terpanggang Api Imbas Kebakaran di Jakarta Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: