Gempa Bumi 6.6 Magnitudo di Barat Laut Tuban, Seluruh Pulau Jawa Bergetar

Gempa Bumi 6.6 Magnitudo di Barat Laut Tuban, Seluruh Pulau Jawa Bergetar

Gempa bumi guncang Laut Jawa atau 65 Km barat laut Kota Tuban, Jawa Timur -BMKG -

TUBAN, RADARCIREBON.COM - Telah terjadi gempa bumi tektonik di Laut Jawa 65 KM arah barat laut Kota Tuban, Jawa Timur, pada Jumat 14 April 2023 pukul 16.55 WIB.

Gempa bumi yang mengguncang barat laut Kota Tuban tersebut berkekuatan 6.6 Magnitudo.

BACA JUGA:Beri Himbauan sambil Menghibur Pemudik, Kapolres Majalengka Datangi Rest Area

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,31° LS ; 111,96° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 Km arah barat laut Kota Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 643 km.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono SSi, MSi, bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter-nya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa akibat aktivitas deformasi.

BACA JUGA:Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Melewati Jalan Turunan Curam

"Aktivitas deformasi atau slab pull terjadi pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa," tuturnya.

Lebih lanjut, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

"Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kuta dengan skala intensitas V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun)."

BACA JUGA:Posko Mudik Astra Group Cirebon, Hadir 24 Jam Melayani Para Pemudik

"Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trengalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram, Malang, dan Surabaya dengan skala intensitas IV MMI," imbuhnya.

Kemudian, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, seperti di Kota Denpasar, Madiun, Pelabuhan Ratu, Bayah, Malingping, Labuan, Tabanan, Lombok barat, Lombok timur, Lombok tengah, Lombok utara, Sumbawa, Dompu.

Gempa juga dirasakan di wilayah selatan Pulau Jawa. 

BACA JUGA:Kolaborasi Jadi Cara Rupbasan Cirebon Laksanakan Baksos Pemasyarakatan Peduli 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase