Inilah Syair Lagu Wajib Indonesia Raya 3 Stanza di Ponpes Al Zaytun yang Dipuji Dahlan Iskan

Inilah Syair Lagu Wajib Indonesia Raya 3 Stanza di Ponpes Al Zaytun yang Dipuji Dahlan Iskan

Dahlan Iskan (kanan) ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza di Ponpes Al Zaytun Indramayu. Foto:-IAI AL-AZIS Official-Youtube

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Anda hafal lagu Indonesia Raya? Lagu wajib ini  tentu sudah dihafal oleh sebagian besar bangsa Indonesia. Karena lagu ini sering dinyanyikan di berbagai kesempatan dan kegiatan.

Tapi apakah hafal lagu Indonesia Raya yang 3  stanza? Sepertinya banyak yang tidak hafal dengan lagu wajib versi ini.

Jangankan hafal, bisa jadi banyak pula yang baru kenal dengan lagu Indonesia Raya versi 3 stanza tersebut. Termasuk mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Dia mengakui, baru tahu ada lagu Indonesia Raya versi 3 stanza itu ketika berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu Jawa Barat.

“Selama 72 tahun usia saya ini, jujur saya baru tahu tentang lagu Indonesia Raya tiga stanza sekarang ini,” aku Dahlan Iskan ketika acara jamuan makam malam di penginapan yang berlokasi dalam komplek Ponpes Al Zaytun tersebut, Jumat malam lalu.

Di sela-sela jamuan makan malam itu, pimpinan Ponpes Al Zaytun Syeh Panji Gumilang tiba-tiba menyanyikan lagu Indonesia Raya versi 3 stanza. Syair lagu tersebut memang berbeda dengan Indonesia Raya yang sering dinyanyikan dalam berbagai kesempatan.

Bukan hanya Dahlan Iskan saja yang baru tahu, dan terkesima dengan syair lagu itu. Sejumlah tamu undangan yang lain pun banyak yang baru kenal lagu wajib versi ini.

“Kalau di Al Zaytun, yang dinyanyikan adalah lagu wajib Indonesia Raya tiga stanza. Lagu wajib versi ini wajib dihafal oleh semua unsur di pondok. Bukan hanya santri, guru, dosen, karyawan, satpam dan semuanya, wajib hafal Indonesia Raya tiga stanza ini,” ungkap Panji Gumilang.

Dahlan Iskan tampak memperhatikan dengan serius kalima demi kalimat yang dinyanyikan Syeh Panji Gumilang.

Dahlan dan tamu undangan lainnya pun dengan seksama mendengarkan penjelasan dari Syeh Al Zaytun tentang makna kalimat demi kalimat dalam lagu wajib tersebut.

Ketika menjadi pembicara di wisuda sarjana Institut Agama Islam Al Zaytun Indonesia (IAI Al Azis), Sabtu 20 Mei 2023, Dahlan Iskan kembali mengungkapkan kesan tentang lagu Indonesia Raya tiga stanza ini.

“Pagi ini saya sudah dua kali menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza,” ungkap Dahlan Iskan ketika memulai orasi ilmiah dalam acara wisuda tersebut. 

“Pertama ketika senam tadi pagi, saya menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 satanza. Yang kedua, sekarang di acara wisuda. Yang kedua ini saya lebih hafal karena ada teksnya,” ungkap Dahlan Iskan disambut gelak tawa para hadirin. Termasuk Syeh Panji Gumilang.

Lalu, seperti apa lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza yang benar? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: