'Doa Ngga Boleh Amin' Panji Gumilang Instruksikan Ucapan Ini ke Santri Al Zaytun

'Doa Ngga Boleh Amin' Panji Gumilang Instruksikan Ucapan Ini ke Santri Al Zaytun

Panji Gumilang menyarankan doa jangan dijawab 'Amin' tapi 'Alhamdulillah'. Foto:-alzaytun movie-YouTube

RADARCIREBON.COM -- Umumnya doa dijawab dengan ucapan amin. Tapi menurut Syekh Panji Gumilang, doa jangan dijawab dengan amin.

Hal itu diungkapkan Syekh Al Zaytun ini dalam salah satu ceramahnya yang diunggah di Youtube. 

Dalam salah satu cuplikan video Youtube ceramah Panji Gumilang yang dilihat redaksi Radarcirebon.com baru-baru ini, dia dengan lugas mengatakan, bahwa doa yang dijawab dengan amin tidak akan dikabulkan oleh Allah.

Dia juga memberikan penjelasan versinya sendiri. Menurut Panji Gumilang, ucapan amin menandakan seseorang belum yakin kepada Allah.

Panji Gumilang juga menyarankan kepada para santri agar mengganti ucapan amin ketika menjawab doa dengan Alhamdulillah.

"Nah, bagus. Ini belum disuruh tepuk tangan saja sudah tepuk tangan, ya. Doa engga boleh Amin Nak, ya. Doa jawabnya Alhamdulillah," kata Panji Gumilang dalam cuplikan video yang diunggah kanal Youtube @darulhaditlusan.

Lebih lanjut, kakek berusia 77 tahun ini mengatakan, doa yang dijawab dengan ucapan Amin tidak akan dikabulkan oleh Allah.

BACA JUGA:Pasca Evaluasi Lapangan, Kabupaten Cirebon Optimistis Raih Predikat KLA 2023

BACA JUGA:Komentar Warga Sekitar Soal Keberadaan Pondok Pesantren Al Zaytun dan Panji Gumilang

"Kalau Amin, engga akan dikasih oleh Allah," katanya lagi.

Panji Gumilang kemudian menjelaskan makna Amin menurut versinya. "Mengapa? Karena tidak percaya kepada Allah, Amin itu. Apa makna Amin? Moga-moga," ujarnya.

"Wong kepada Allah Kok moga-moga. Kalau kepada Bapakmu, baru moga-moga. Moga-moga dikasih, uang tambah. Mengapa moga-moga, karena Bapakmu kadang-kadang senen-kemis (tidak tentu, Red). Senen ada duit, Kemis juga tidak ada duit," bebernya Syekh Panji.

Panji Gumilang kemudian memberikan jaminan, kalau doa yang dijawab dengan ucapan Alhamdulillah, pasti dijawab oleh Allah.

"Kalau kepada Allah, Alhamduillah, pasti kamu dijawab," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: