Pro dan Kontra Pondok Pesantren Al Zaytun, Berikut Salah Satu Rekomendasi MUI

Pro dan Kontra Pondok Pesantren Al Zaytun, Berikut Salah Satu Rekomendasi MUI

Majelis Ulama Indonesia.-MUI-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Terkait adanya polemik mengenai aktivitas Pondok Pesantren Al Zaytun di Kabupaten Indramayu yang dikomandoi oleh Panji Gumilang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berikan rekomandasi.

Hal ini disampaikan oleh Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ikhsan Abdullah usai rapat tertutup bersama Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Agung, Mabes Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN) di Ruang Sembrodo Lantai VI Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu 21 Juni 2023.

BACA JUGA:Ajak Masyarakat Ikut Terlibat di Pemilu 2024, Bupati Cirebon: Gunakan Hak Pilihnya

"Rekomendasinya adalah yang pertama, karena ini berkaitan dengan tindak pidana yang dilakukan oleh Panji Gumilang sebagai pribadi, aparat hukum agar segera melakukan tindakan hukum," ujar Ikhsan.

Ia meminta agar aparat penegak hukum (APH) segera melakukan tindakan hukum terhadap pengasuh Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang yang mendapatkan sorotan publik.

BACA JUGA:Pelaku Pengeroyokan dan Perusakan di Jalur Gronggong Ditangkap Satreskrim Polresta Cirebon

Hal ini membuat sejumlah pihak menilai Al Zaytun sesat dan menyimpang, serta mendesak agar pesantren tersebut segera dibubarkan.

Tidak hanya itu, Ikhsan juga berharap Pondok Pesantren Al Zaytun dapat diselamatkan untuk dilakukan pembinaan dari hal-hal yang bersifat menyimpang.

Pasalnya, Pondok Pesantren Al Zaytun sudah dinilai terindikasi melakukan penyimpangan.

"Artinya bukan menyimpang pesantrennya, tetapi adalah para pengurus yayasannya, terutama Panji Gumilang ini," jelasnya.

BACA JUGA:SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon Gelar Akhirussanah

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah akan mengambil langkah terkait dengan pro dan kontra kegiatan di Pondok Pesantren Al Zaytun.

"Saya kira nanti kalau sudah ada pandangan-pandangan dari NU Jabar, dari Persis (Persatuan Islam), kemudian dari MUI, nanti saya minta untuk dikoordinasikan di tingkat Menko Polhukam untuk membahas langkah apa yang harus kita (pemerintah) ambil," ujar Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta, Selasa 20 Juni 2023.

BACA JUGA:CATAT NIH! Wali Santri Bocorkan Cara Menembus Masuk Pondok Pesantren Al Zaytun

Setelah ada kajian bahwa kegiatan di Pondok Pesantren Al Zaytun itu terjadi penyimpangan, kata Wapres, akan ada rapat koordinasi antara Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) dan Kementerian Agama (Kemenag).

"Saya minta ditindaklanjuti," ujar Wapres Ma'ruf Amin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase