WOW! Di Ciayumajakuning, Indramayu Paling Banyak Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat

WOW! Di Ciayumajakuning, Indramayu Paling Banyak Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat

Kepala KPw BI Cirebon menjabarkan outlook ekonomi 2023 pada acara Ngopi Bareng Media. Kabupaten Indramayu menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi Jawa Barat tertinggi diantara wilayah Ciayumajakuning lainnya.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-radarcirebon.com

BACA JUGA:Dahlan Iskan Prediksi, 5 Tahun Lagi Masyarakat Tidak Tergantung kepada PLN

Kemudian bansos yang tidak diimbangi pasokan juga bisa berisiko pada inflasi, bansos yang tidak diimbangi peningkatan sisi hulu akan berisiko meningkatkan harga pangan di pasar.

Hari Libur Nasional tahun ini juga memberikan risiko inflasi cukup tinggi, masuknya wisatawan domestik dari wilayah sekitar Ciayumajakuning menjadi faktor meningkatnya permintaan berbagai komoditas inflasi.

"Dampak dari El Nino juga harus diwaspadai karena berpotensi mengganggu produksi komoditas pangan pertanian. Sehingga, meski inflasi masih terkendali, kita perlu tetap mewaspadai beberapa risiko tersebut," tegasnya.

Beberapa upaya KPw BI Cirebon juga telah dilakukan guna mengatasi risiko tekanan inflasi ini. Diantaranya seperti program penguatan GNPIP yang berfokus pada penguatan KAD ibtrawilayah (Ciayumajakuning) untuk pemenuhan pasokan dan penguatan kapasitas TPID.

BACA JUGA:TERBARU! Hacker Bocorkan Informasi Sensitif Mahad Al Zaytun, Data Alumni Diumbar: How Are You Panji Gumilang

Dukungan pemberian saprotan dan alsintan juga dilakukan difokuskan pada wilayah yang berpotensi terdampak El Nino atau kemarau.

"Adapun short term strategis lain yang akan terus kami lakukan yakni operasi pasar murah, sidak, monitoring, subsidi biaya distribusi bagi transportasi pengangkut bahan pangan, hingga kampanye belanja bijak," pungkasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: