Elon Musk Olok-olok Hidrogen Jadi Bahan Bakar seperti Nikuba Ala Aryanto Misel: Ini adalah Hal Paling Bodoh

Elon Musk Olok-olok Hidrogen Jadi Bahan Bakar seperti Nikuba Ala Aryanto Misel: Ini adalah Hal Paling Bodoh

Elon Musk merespons proses elektrolisis air menjadi hidrogen untuk bahan bakar seperti Nikuba.-Financial Times/Ist-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Nikuba atau alat yang disebut mengonversi air menjadi bahan bakar, ternyata pernah diolok-olok oleh Elon Musk.

Meski tidak menyinggung langsung soal Nikuba atau Niku Banyu seperti yang diciptakan Aryanto Misel, namun founder Tesla tersebut menilai hal tersebut sesuatu yang tidak memungkinkan untuk mengubah air menjadi hidrogen.

Hal itu disampaikan dalam Financial Times Future of The Car Summit yang kemudian artikelnya ditayangkan di CNBC dengan judul: 'The Most Dumb Thing': Elon Musk Dismisses Hydrogen as Tool for Energy Storage.

Dalam helatan tersebut, Elon Musk sempat ditanya mengenai bahan bakar hidrogen sebagai atransisi dari energi fosil.

BACA JUGA:Lagi pada Kenapa Sih? 3 Pemuda Collab dengan Satpam Mau Tawuran Konten di Kesambi Cirebon

"Tidak," jawab Elon Musk. "Saya benar-benar tidak bisa cukup menekankan hal ini - berapa kali saya ditanyai tentang hidrogen, mungkin ... lebih dari 100 kali, mungkin 200 kali,” katanya.

Dijelaskan Elon Musk bahwa pilihan konversi hidrogen bisa dibilang sangat buruk. Mengingat, memisahkan hidrogen dari air adalah pekerjaan yang sangat rumi dan tidak efektif. Sehingga ide tersebut bisa dibilang konyol.

"Saat Anda memecahkan hidrokarbon, Anda bener-benar belum memecahkan masalah bahan bakar fosil dan efisiensi elektrolisisnya buruk," tandasnya.

Bahkan, untuk memisahkan hidrogen dari air juga memerlukan energi yang sangat besar. Terutama dalam proses elektrolisis.

BACA JUGA:Punya Aktivitas di Indonesia, Kedubes Turki Minta Indonesia Waspadai Gerakan FETO

"Jika Anda benar-benar menghabiskan banyak energi untuk memisahkan hidrogen dan oksigen dari air. Kemudian Anda harus memberikan tekanan, ini juga membutuhkan energi yang sangat besar," tegasnya. 

"Dan jika Anda harus mencairkan hidrogen, ya Tuhan," katanya.

Karena itu, Elon Musk termasuk pihak yang sangat skeptis dengan perubahan bentuk dari hidrogen tersebut. Mengingat reaksi yang diperlukan membutuhkan tenaga sangat besar.

"Jumlah energi yang dibutuhkan untuk membuat hidrogen dan mengubah menjadi bentuk cair sangat mencengangkan. Ini adalah hal paling bodoh yang bisa saya bayangkan untuk penyimpanan energi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: