Data dan Fakta Twin Tunnel Tol Cisumdawu, Bagian Tersulit, Miliki 5 Komponen Keamanan

Data dan Fakta Twin Tunnel Tol Cisumdawu, Bagian Tersulit, Miliki 5 Komponen Keamanan

Terowongan kembar Tol Cisumdawu yang memiliki data dan fakta menarik.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

Proses penggarapannya, melibatkan tiga kontraktor besar. Yakni PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya, dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Setelah terowongan selesai dibuat, serangkaian pengujian keamanan juga dilakukan secara detail sehingga bisa dipastikan aman saat digunakan.

Selain terowongan, terdapat satu sisi lain yang termasuk sulit penggarapannya yakni pengurugan tebing, setinggi 46 meter. Hal ini dimaksudkan agar badan jalan tol yang berada di tepi jurang bisa lebih aman dan nyaman.

BACA JUGA:Bocoran dari Indra Sjafri, Seperti Ini Komposisi Timnas Indonesia Proyeksi Asian Games

Pengurukan sendiri menggunakan teknik geotextile. Hal ini membuat jurang terjal menjadi landai dengan kemiringan 45 derajat.

4. Terowongan Kembar Terpanjang

Terowongan kembar di Tol Cisumdawu disebut sebagai yang terpanjang di ruas jaringan jalan tol di Indonesia. 

Adanya terowongan ini membantu memberikan aksesibilitas optimal bagi Provinsi Jabar. Terutama di wilayah Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Bahkan Cirebon dan sekitarnya.

Titik ini juga menambah keindahan lanskap jalan tol, yang memang terletak di wilayah dataran tinggi. Di dalam terowongan, turut disediakan lampu untuk membantu pengguna mendapat pencahayaan.

BACA JUGA:Timnas Voli Putra Indonesia Sukses Balas Dendam, Kalahkan Thailand dan Jadi Juara

Selain data dan fakta tentang Twin Tunnel Jalan Tol Cisumdawu di atas, ada lagi lima komponen keselamatan. Hal ini yang membuat terowongan kembar Cisumdawu ini aman dilewati kendaraan. Apa saja?

1. Generator

Generator ini untuk kepentingan darurat. Disediakan untuk menghidupkan lampu darurat di dalam terowongan. Hal ini diperlukan jika ada kejadian darurat untuk membuat lampu menyala. Juga untuk memudahkan proses evakuasi.

2. Jalur Evakuasi

Jalur evakuasi ini berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke muka terowongan. Jalur ini sangat dibutuhkan jika terjadi sesuatu yang darurat di dalam terowongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: