Empal Gentong, Makanan Khas Cirebon yang Sangat Terkenal, Ini Seluk-beluknya

Empal Gentong, Makanan Khas Cirebon yang Sangat Terkenal, Ini Seluk-beluknya

Empal Gentong Cirebon salah satu ikon kuliner.-Disparbud Jabar-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Jika berkunjung ke CIREBON, jangan lupa mencoba kuliner khas daerah di pantai utara Jawa Barat ini. Untuk urusan kuliner, CIREBON memang gudangnya.

Salah satu makanan khas Cirebon yang sangat terkebal ada empal gentong. Makanan ini sangat gampang dijumpai hampir di sudut Kota Wali ini.

Sebenarnya kalau dilihat dan dirasakan, makanan ini lebih mirip dengan gulai (gule) jika di Jawa Tengah, Jogjakarta atau Jawa Timur.

Makanan ini dulu dimasak menggunakan kayu bakar. Biasanya kayu dari pohon mangga atau asem. Makanan ini dimasak di dalam gentong atau periuk dari tanah liat.

BACA JUGA:Kebakaran Hebat Terjadi di Losari, Hanguskan 8 Bangunan

Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Namun empal yang merupakan salah satu masakan khas Nusantara ini terbuat dari daging. Biasanya daging sapi, yang bentuknya agak besar dan pipih.

Empal gentong ini konon tercipta berawal dari kreativitas masyarakat Cirebon pada zaman dahulu. Yakni dengan memanfaatkan gentong sebagai media untuk memasak daging empal. 

Dengan berlimpahnya pohon mangga dan asam, masyarakat Cirebon memanfaatkannya sebagai kayu bakar. Kayu itulah dulu digunakan untuk memasak empal khas Cirebon ini.

Empal daging memang bukan dominasi Cirebon. Sebenarnya empal merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang populer. Juga banyak dikonsumsi masyarakat tanah air.

BACA JUGA:Resep Empal Gentong Khas Cirebon, Ternyata Mudah Bikin di Rumah

Empal pada umumnya adalah sajian daging sapi yang diiris lebar dan pipih dengan cita rasa manis dan gurih. Bukan hanya itu, sajian empal daging juga khas dengan aroma rempah yang kuat.

Khusus di Cirebon, makanan ini disebut empal gentong. Dinamakan empal gentong karena makanan ini dimasak lewat media gentong tanah liat yang berukuran besar. 

Hal tersebut sudah dilakukan oleh masyarakat Cirebon selama bertahun-tahun. Kuliner khas ini sangat mudah ditemukan jika berkunjung ke kota atau kabupaten Corebon.

Dilihat dari ciri makanannya, empal gentong memiliki kuah seperti gulai. Sebenarnya makanan utama ini pengaruh dari Arab dan India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: