Momentum Harganas 2023, Kabupaten Cirebon Juara 1 Nasional Pencapaian Akseptor KB

Momentum Harganas 2023, Kabupaten Cirebon Juara 1 Nasional Pencapaian Akseptor KB

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon Hj. Eni Suhaeni dalam keterangan tertulisnya, Senin 24 Juli 2023.-Istimewa-

CIRERON, RADARCIREBON.COM - Momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun ini Kabupaten Cirebon raih  Juara pertama (I) Tingkat Nasional dalam Pencapaian Akseptor Keluarga Berencana (KB) selama semester pertama tahun 2023.

Perolehan peserta KB tersebut adalah metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) yaitu IUD, Implant, MOP dan MOW yang melebihi 500 peserta KB dalam rangka Pelayanan Sejuta  Akseptor.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon Hj Eni Suhaeni dalam keterangan tertulisnya, Senin 24 Juli 2023.

Dikatakan Eni, bahwa prestasi lainnya adalah juara ketiga Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional dalam pencapaian peserta KB pasca persalinan (post partum).

BACA JUGA:Lumba Haram, Gaya Anak Muda Balap Sepeda Motor di Jalan Tol, Eits Ini di Malaysia

Penghargaan tersebut menurut rencana akan diserahkan kepada Bupati Cirebon pada momentum Harganas ke-30 Tingkat Jawa Barat di Kabupaten Pangandaran Rabu,26 Juli 2023.

Eni juga mengatakan bahwa prestasi tersebut diraih atas kerja keras seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Cirebon mulai dari Bupati sampai pada para petugas yang ada di bagian lini terdepan termasuk para pendamping keluarga jalur KB.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder mulai dari Bapak Bupati sampai kepada para pendamping keluarga yang ada di desa yang telah menggerakkan Program KB sehingga prestasi tersebut dapat diraih oleh Kabupaten Cirebon,” ungkap Eni.

Pada kesempatan itu Kabid Keluarga Berencana DPPKBP3A Yati Fironike juga mengatakan bahwa disamping prestasi tingkat nasional, Kabupaten Cirebon juga meraih prestasi tingkat regional, antara lain penghargaan total Capaian Hasil Pelayanan KB MKJP di atas 100 persen dan Juara Harapan satu (1) Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat yang diraih oleh Kampung KB Cakrawati Desa Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Sunjaya Dituntut 7 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Milyar atas Kasus Suap, Gratifikasi Serta TPPU

“Penghargaan tersebut juga akan diserahkan pada acara puncak Harganas Tingkat Jawa Barat di Kabupaten Pangandaran,” jelas Ike.

Untuk memeriahkan acara puncak Harganas ke-30 Tingkat Jawa Barat yang mengambil tema Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Jawa Barat Juara Lahir Bathin,  Kabupaten Cirebon akan menghadirkan sekitar 250 peserta terdiri dari lasykar KB yang meliputi Dinas PPKBP3A, PLKB/PKB, Kepala UPTD P5A, para pendamping keluarga yang tergabung dalam rombongan Harganas ke-30  Tingkat  Provinsi  Jawa  Barat.

Harganas tahun ini memiliki harapan menyinergikan gerak dan langkah Keluarga Indonesia mencegah stunting, termasuk meningkatkan peran dan kinerja stakeholder, tokoh masyarakat dan pengelola, serta petugas dalam pembangunan keluarga yang termasuk dalam Program Bangga Kencana.

Di tempat lain, sekretaris Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Kabupaten Cirebon Husein Fauzan Putuamar ketika dimintai komentar tentang Harganas, mengatakan bahwa melalui momentum Harganas, para keluarga yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Cirebon dapat berintrospeksi diri melaui optimalisasi fungsi keluarga.

BACA JUGA:Keren! Tim Tays Bakers BARATI Indonesia Tempati Urutan ke-3 di Ajang Gothia Cup Swedia

“Kedepan, keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat akan menjadi wahana pembentukan pribadi pribadi anggota keluarga yang tangguh, mandiri, dan berakhlakulkarimah,” singkatnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase