VIRAL! Hujan Salju di Grasberg Papua, Diabadikan Pekerja PT Freeport

VIRAL! Hujan Salju di Grasberg Papua, Diabadikan Pekerja PT Freeport

Pegawai PT Freeport mengabadikan hujan salju di Grasberg. -Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

PAPUA, RADARCIREBON.COM - Hujan salju terjadi di Grasberg, Mimika, PAPUA Tengah dan diabadikan oleh seorang pekerja PT Freeport Indonesia, Andre Kei.

Dia menunjukan salju yang turun cukup deras di area kerja. Bahkan dia memakai jaket tebal karena cuaca cukup dingin di lokasi tersebut.

Sebagai informasi, Grasberg adalah tambang emas terbesar di dunia yang menggunakan sistem penambangan terbuka.

Di area ini dapat memproses bijih yang mengandung tembaga, emas dan perak untuk kemudian dihancurkan dan diolah menjadi pasir halus untuk diproses lebih lanjut.

BACA JUGA:Terenyuh Melihat Perjuangannya Bertahan Hidup, Uu Ruzhanul Pastikan Aria Naizar Tak Putus Sekolah

Lokasi tambang ini berada pada ketinggian 4.200 mdpl (meter di atas permukaan laut). Kadangnya, ini merupakan salah satu tambang paling ekstrem.

Di dekat Grasberg juga terdapat puncak Gunung Jayawijaya yang memiliki salju abadi. Pada kondisi normal, suhu udara di wilayah itu berkisar antara 8-10 derajat celcius.

Pada kondisi tertentu, suhu udara bisa mencapai 0 derajat celcius bahkan minus, karena faktor ketinggian yang sangat ekstrem. 

Kembali ke video yang viral, beberapa waktu ini beberapa lokasi di Papua mengalami cuaca dingin hingga turun salju di Provinsi paling ujung timur Indonesia tersebut.

BACA JUGA:Data BOS SMK Al Zaytun Tidak Sinkron, Polisi Akan Berkoordinasi Kemenag dan Kemendikbudristek

Fenomena hujan salju tersebut langsung diabadikan oleh Andre Kei lewat akun Tiktok pribadinya, yaitu andreevav44 pada Minggu 23 Juli 2023.

Pada video yang diunggahnya tersebut Andre memperlihatkan momen saat hujan salju turun di area tempat kerjanya, yaitu di sekitar tambang emas PT Freeport Indonesia di Grasberg, Mimika Papua Tengah.

“Hujan salju PT Freeport Indonesia,” tulis caption Andre pada videonya.

Merespons hal ini, Deputi Bidang Meteorologi BMKG , Guswanto menegaskan, jika salju turun di Grasberg merupakan fenomena yang lumrah terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: