Tak Ada Partai Politik yang Usulkan Pangganti Lucky Hakim, PAW Wabup Indramayu Macet

Tak Ada Partai Politik yang Usulkan Pangganti Lucky Hakim, PAW Wabup Indramayu Macet

Ilustrasi kursi wakil bupati-Pixabay-

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM – Pasca pengunduran diri Lucky Hakim sebagai Wakil Bupati (Wabup) Indramayu, sampai sekarang posisinya belum ada yang menggantikan.

Pasalnya, partai politik yang mengusung pasangan Nina Agustina-Lucky Hakim belum mengajukan nama pengganti posisi wabup yang ditinggalkan.

Padahal, sudah hampir tiga bulan DPRD Kabupaten Indramayu membentuk panitia pemilihan pengganti antar waktu (PAW) calon wakil bupati Indramayu.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) PAW Cawabup Indramayu, H Muhaemin mengakui, hingga saat tiga partai pengusung Nina Agustina-Lucky Hakim mengajukan nama pengganti posisi wabup pasca ditingalkan Lucky Hakim.

BACA JUGA:Kemenag Akan Fokus Tangani Hak-hak Belajar Santri Ponpes Al Zaytun Indramayu

“Belum ada dari partai pengusung yang ajukan nama (cawabup, red), kami dari Panlih masih menunggu,” ujar Muhaemin, Jumat 28 Juli 2023.

Dijelaskannya, dalam pengajuan nama PAW Cawabup, pihaknya berpedoman pada periode Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati-Wakil Bupati Indramayu yakni 2021-2026, yakni berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 16, pasal 176 yaitu pengisian kekosongan wakil bupati Indramayu bisa dilakukan sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan sejak kosongnya jabatan wabup. 

“Terhitung 18 bulan sejak mundurnya Wabup Indramayu, maka akhir Juli bukan terakhir pengajuan nama cawabup dari masing-masing partai pengusung.”

“Semoga partai pengusung bisa segera mengajukan nama, karena punya tanggung jawab moral kepada masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:Cek Kesiapan Stadion Piala Dunia U-17, Aspek Ini yang Akan Jadi Sorotan FIFA

Muhaemin menegaskan, Panlih PAW Cawabup Indramayu sudah sangat siap untuk menyelenggarakan pemilihan PAW calon wakil bupati Indramayu melanjutkan sisa masa jabatan 2021-2022.

“Semua perangkat sudah sangaat siap, tinggal menunggu  ajuan nama partai pengusung saja,” tuturnya.

Sementara itu, Sekertaris DPC Partai Gerindra Indramayu Muhammad Ali Akbar mengakui, tidak hanya partainya yang belum mengajukan nama cawabup ke panitia pemilihan.

Kedua partai pengusung lainnya, yakni PDI Perjuangan dan Nasdem juga belum menerima rekomendasi dari DPP, sehingga belum mengatahi formasi cawabupnya.

“Kalau kami, dari Gerindra lagi proses di DPP, ada dua nama ya. Keputusan sudah tapi secara resmi serah terima rekomendasi dari DPP belum,” katanya. (oni) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase