Mitos Gunung Ciremai, Sosok Nini Pelet dan Buyut Mangun Tapa Memperebutkan Ajian Jaran Goyang

Mitos Gunung Ciremai, Sosok Nini Pelet dan Buyut Mangun Tapa Memperebutkan Ajian Jaran Goyang

Kisah Wali Songo mendaki Gunung Ciremai. -Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Mitos di Gunung Ciremai, Jawa Barat ada beberapa hal yang masih dipercaya hingga sekarang, berkaitan dengan kisah yang dituturkan turun temurun.

Mitos dan kisah legenda seputar Gunung Cirebon memang banyak. Gunung tertinggi di Jawa Barat ini masih diselimuti oleh misteri.

Salah satu kisah melegenda di skitar Gunung Ciremai adalah Nini Pelet dan Ki Buyut Mangun Tapa

Legenda Nini Pelet ini sudah menjadi mitos tersendiri di Gunung Ciremai. Dikisahkan secara turun temurun oleh warga di sekitar gunung tertinggi di Jawa barat tersebut.

Gunung Ciremai terletak di dua Kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kuningan dan Majalengka. Nah, sosok Nini Pelat ini erat kaitannya dengan Ki Buyut Mangun Tapa dari Cirebon.

Dua sosok ini amat sering disebut jika menceritakan seputar mitos di Gunung Ciremai. Nini Pelet diyakini bersemayam di Gunung Ciremai. 

Demikian juga Ki Buyut Mangun Tapa yang disebut kerap berada di Gunung Ciremai. Buyut Mangun Tapa sendiri berasal dari Cirebon.

BACA JUGA:Ternyata Ada 5 Cara Mengatasi Wifi Gagal Terhubung ke Smartphone Android, Mudah Banget

BACA JUGA:7 Pemain Muda Persib Bandung Bertalenta Tinggi Kelahiran 2000-an, Di Antaranya Jebolan Inggris

Berdasarkan kisah turun temurun yang berkembang di masyarakat, Gunung Ciremai adalah tempat bertemunya Nini Pelet dan Ki Buyut Mangun Tapa untuk mengadu kesaktian.

Dua tokoh melegenda ini disebut-sebut saling bertarung untuk memperebutkan sebuah ajian pamungkas yakni ajian Jaran Goyang. Cerita selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Nini Pelet 

Nini Pelet merupakan tokoh yang memiliki kesaktian hebat. Nini Pelet terkenal memiliki ilmu Jaran Goyang. Ilmu Jaran Goyang merupakan ilmu yang ampuh untuk mengikat hati lawan jenis.

Nini Pelet menggunakan ilmu Jaran Goyang untuk menaklukkan banyak kaum laki-laki, sehingga tergila-gila kepadanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: