Observasi Mahasiswa UGJ Tentang Nilai dan Etika Kerja PT. Arteria Daya Mulia (ARIDA) Cirebon

Observasi Mahasiswa UGJ Tentang Nilai dan Etika Kerja PT. Arteria Daya Mulia (ARIDA) Cirebon

Mahasiswa UGJ Cirebon Observasi di PT. Arida--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon melakukan observasi kepada perusahaan, bertujuan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Perilaku Keorganisasian, sekaligus membantu perusahaan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ditemukan melalui pengamatan dan penilaian langsung di tempat kerja. 

BACA JUGA:Bupati Imron: Pengajian 17 Agustusan di Arhanud Cirebon yang Dihadiri Habib Bahar bin Smith Adalah Hoax!

Observasi dilakukan dengan menyebarkan sejumlah kuesioner kepada para karyawan PT. ARIDA, dalam bentuk pernyataan murni dari penilaian karyawan terhadap perusahaan.

PT. ARIDA Cirebon adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi benang dan jaring ikan yang bermutu tinggi. 

Perusahaan ini beralamat di Jalan Dukuh Duwur No. 46, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kelurahan Pegambiran, Kota Cirebon, Jawa Barat (45113). 

Sejak tahun 2004, PT. ARIDA memproduksi bahan baku Nylon Chips dan Nylon Multifilament dengan proses polimerisasi dan spinning. 

BACA JUGA:PN Jakpus Sahkan Pencabutan Gugatan Panji Gumilang ke Mahfud MD

Mengingat PT. ARIDA begitu berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian, khususnya warga Cirebon, maka keberadaan perusahaan ini harus dipertahankan. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki pemahaman akan nilai juga etika kerja yang baik.  

Nilai kerja atau work values merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap karyawan sebagai acuan untuk organisasi dan segala atributnya dalam melakukan pendekatan hingga pengambilan keputusan. 

Ma'rifatun (2020) menyatakan nilai adalah segala hal yang berhubungan dengan tingkah laku manusia mengenai baik buruk yang diukur oleh agama, tradisi, etika, moral, dan kebudayaan yang berlaku dalam masyarakat.

BACA JUGA:TUNGGU WAKTU, Bandara Kertajati Dipersiapkan Untuk Masa Depan

Etika kerja sangat penting karena dapat membuat semua anggota organisasi bertanggung jawab atas semua tindakan mereka dengan mempertahankan kode etik yang kuat dan menciptakan rasa aman bagi karyawan. 

Menurut Sinamo dalam Yanesti, (2018:5) etika kerja adalah seperangkat perilaku kerja positif dan bermutu tinggi, yang berakar pada kesadaran yang jernih dan keyakinan yang kuat pada paradigma kerja yang saling berkaitan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: