Pilot Ini Yakin Pemindahan Penerbangan dari Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati Berhasil, Ini Alasannya

Pilot Ini Yakin Pemindahan Penerbangan dari Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati Berhasil, Ini Alasannya

Pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Satranegara diyakini akan berhasil. -Baehaqi-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Bandara Kertajati, di Kabupaten MAJALENGKA akan dilakukan secara bertahap.

Sesuai rencana yang sudah disampaikan Presiden Jokowi, pemindahan penerbangan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan dimulai dengan pesawat jet.

Kemudian maksimal satu tahun, diikuti pesawat dengan mesin proppeler atau baling-baling. Dengan demikian, seluruh penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan beralih ke Kertajati.

Rencana ini, memang tidak membuat semua pihak setuju. Warga Bandung misalnya, ada yang tidak keberadaan dengan pengalihan rute tersebut, selama akses transportasinya mudah.

BACA JUGA:Perintah Mahfud MD: Bareskrim Polri Percepat Proses Hukum Kasus Pidana Umum dan Khusus Panji Gumilang

Namun, ada juga yang keberatan dan berharap agar penerbangan domestik dapat tetap dilakukan di Bandara Husein Sastranegara.

Pengamat penerbangan, Gerry Soejatman misalnya. Dia menyatakan bahwa sebaiknya penerbangan di Bandara Husein Sastranegara tetap dipertahankan untuk rute-rute pendek menggunakan pesawat ATR.

Sedangkan di Bandara Kertajati bisa untuk melayani penerbangan internasional dan domestik yang menggunakan pesawat jet.

"Husein tetep dibuka untuk rute-rute pendek domestik pake ATR," usul Gerry Soejatman melalui akun media sosial X yang dikutip radarcirebon.com, Jumat, 4, Agustus 2023.

BACA JUGA:3 Hari Ditahan di Rutan Bareskrim Polri, Kuasa Hukum Sampaikan Kesehatan Panji Gumilang

Sedangkan untuk keperluan transportasi ke Kertajati, Gerry mengusulkan agar Pemprov Jabar menyediakan layanan yang baik dan handal serta murah.

"Sekarang mending minta sama pemprov Jabar untuk public transport yang handal ke KJT. Kalo nggak diberikan, bakal pada ke HLP n CGK juga nantinya," kata dia. 

Soal keberadaan akses ke Kertajati, juga diyakini akan berdampak besar. Hal ini diungkapkan Muhammad Gagah, yang merupakan seorang pilot.

Menurutnya, keberadaan dari Tol Cisumdawu efeknya akan sangat berarti untuk peningkatan frekuensi penerbangan di Bandara Kertajati sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: