Jadi Gak Sabar, Piknik ke Pangandaran Nanti Bisa Pakai Pesawat dari Bandara Kertajati

Jadi Gak Sabar, Piknik ke Pangandaran Nanti Bisa Pakai Pesawat dari Bandara Kertajati

Destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran bakal dipermak seiring adanya penerbangan dari Bandara Kertajati - Nusawiru.-Pangandaran.in/Iat-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Kabupaten Pangandaran dengan wisata pantai yang menjadi unggulannya, berharap dapat mengkoneksikan akses penerbangan dari Bandara Kertajati Majalengka ke Bandara Nusawiru.

Rintisan akses penerbangan ini sedang dijajaki Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati hingga pihak Maskapai Citilink.

Diharapkan pada 29, Agustus 2023, akses penerbangan antara Bandara Kertajati dan Bandara Nusawiru sudah terealisasi. Sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Pangandaran.

Seperti diketahui, Pantai Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Sayangnya, belum didukung dengan akses memadai.

BACA JUGA:Hawaii Membara, Kebakaran Semak dan Hutan Sebabkan Puluhan Warga Tewas dan Mengungsi

Perjalanan darat dari Kota Cirebon ke Pangandaran misalnya, butuh waktu kurang lebih 5 jam dengan jalur darat. Padahal jaraknya hanya sekitar 106 kilometer saja. Kemudian dari Bandung membutuhkan waktu hingga 6 jam.

Adapun lewat perjalanan angkutan udara baru dilayani oleh Maskapai Susi Air dengan rute Halim Perdanakusuma - Bandara Nusawiru dengan pesawat Cessna Caravan.

Bahkan Pemkab Pangandaran sudah beberapa kali melobi maskapai untuk membuka penerbangan dari Bali, Yogyakarta dan Bandung ke Pangandaran. Hingga bersedia memberikan subsidi atau block seat.

Di tengah belum terealisasinya rute tersebut, justru ada perkembangan menarik tentang opsi rute penerbangan BIJB Kertajati - Pangandaran.

BACA JUGA:Inilah Pengakuan Korban Dugaan Pelecehan Seksual Ajang Kontes Kecantikan, Sempat Kena Body Shaming

Segmen yang dibidik dari penerbangan ini adalah turis dari Denpasar, Bali dan Malaysia. Sebab, saat ini Bandara Kertajati sudah melayani penerbangan langsung Kuala Lumpur - Kertajati seminggu 2 kali.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pangandaran, Kusdiana mengatakan, rencananya akan dilaksanakan kerjasama untuk membuka penerbangan ini.

Yakni antara Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Bappeda, Dinas Pariwisata, Dishub Pangandaran BIJB Kertajati dan Maskapai Citilink.

"Penerbangan perdana Bandara Kertajati ke Nusawiru rencananya 29 Agustus 2023. Teknisnya nanti dibahsa pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan BIJB," kata Kusdiana, dilansir dari Kabar Pangandaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: