Pantai Kesenden Penuh Sampah, DLH Kota Cirebon: Kembali Lagi ke Warganya

Pantai Kesenden Penuh Sampah, DLH Kota Cirebon: Kembali Lagi ke Warganya

Pengawas Lingkungan Hidup DLH Kota Cirebon, Andi Riskiyanto memberikan keterangan terkait Pantai Kesenden yang disebut paling kotor nomor 3 di Indonesia.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemandangan Pantai Kesenden Kota Cirebon penuh dengan sampah, kondisi tersebut tidak bisa dipungkiri oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon.

Menurut Pengawas Lingkungan Hidup DLH Kota Cirebon, Andi Riskiyanto, kondisi Pantai Kesenden tidak lepas dari prilaku oknum warga sekitar yang membuang sampah ke pantai.

Diakui Andi, pihaknya sudah beberapa kali membersihkan sampah di area pantai, namun tidak lama kemudian kembali kotor.

"Seringkali kita kerja bakti difokuskan di sana, tapi ya kembali lagi ke warganya," kata Andi Riskiyanto, Jumat 11 Agustus 2023.

BACA JUGA:Start Jam 8 Pagi, Pandawara Group Berharap Ada 7.800 Relawan Ikut Bebersih Pantai Cirebon

Upaya untuk membersihkan sampah di Pantai Kesenden, sebut Andi, dilakukan beberapa kali dengan mengerahkan banyak orang.

"Kita seringkali melakukan kegiatan tiap hari-hari besar nasional, menggelar kerja bakti di sana (Pantai Kesenden)," tegasnya.

Andi berharap, usaha yang dilakukan DLH dengan melakukan pembersihkan di sekitar pantai, bisa dijaga kebersihannya oleh warga sekitar.

Namun dalam kenyataanya, Andi menilai Pantai Kesenden tidak bisa lepas dari persoalan sampah.

BACA JUGA:Kertajati Bukan Bandara Bandung, Tapi Jawa Barat

"Salah satunya ada beberapa oknum masyarakat yang masih membuang sampah ke situ (pantai)," kata Andi.

Adapun sebutan Pantai Kesenden merupakan pantai terkotor ketiga di Indonesia menurut versi Pandawara Group, Andi tidak sependapat.

Menurut Andi, penilaian dari Pandawara Group yang melabeli Pantai Kesenden yang terkotor ketiga, perlu pembuktian lebih detail.

"Itu kan versi mereka (Pandawara), kita tidak bisa menyatakan itu benar juga, harus dilengkapi dengan data-data," sanggah Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: