Kulit Kering dan Kusam Akibat Cuaca Berangin Seperti Sekarang, Begini Cara Mengatasinya

Kulit Kering dan Kusam Akibat Cuaca Berangin Seperti Sekarang, Begini Cara Mengatasinya

Dokter Estetika di Immoderma Cirebon, Tiara Annisa-immoderma Skin Clinic Cirebon-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Masa pancaroba menuju ke cuaca dingin saat ini turut berpengaruh pada kondisi kulit wajah.

Salah satu satu permasalahan kulit yang kerap terjadi pada saat cuaca berangin dan dingin seperti saat ini adalah kulit kering, mudah iritasi, hingga kulit kusam.

Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya berbagai permasalahan kulit tersebut. 

Dokter Estetika di Immoderma Cirebon, Tiara Annisa menuturkan kelembapan kulit adalah salah satu skin barier pada wajah.

Saat kulit kering, maka skin barier akan berkurang dan mudah iritasi. Manakala kurit kering, akan menyebabkan rasa tak nyaman pada kuit, mudah terjadi iritasi di bagian tersebut dan terjadinya penumpukan komedo.

Biasanya ditandai dengan timbulnya bruntusan di area wajah. "Penumpukan komedo ini akan berujung pada timbulnya jerawat jika dibiarkan," tuturnya.

Tak hanya itu saat terjadi penumpukan komedo ini lama kelamaan muka juga akan terlihat kusam dan lebih gelap/ Hal ini bisa terjadi pada semua jenis kondisi kulit.

BACA JUGA:10 Hari 5 Kasus Narkoba Berhasil Diungkap Polres Majalengka

BACA JUGA:Datang Pelatih Baru Lagi, Langsung Kerja Pimpin Latihan Persib Pasca Ditahan Barito Putera

"Pemilik kulit wajah sensitif dan kering memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kulit kering dan kusam pada cuaca sepertti saat ini," jelasnya.

Untuk menghindari timbulnya masalah kulit ini, sangat diperlukan penggunaan moisturizer dan susncreen setiap hari. Ini membantu skin barier utama melindungi kulit wajah.

Bagi pemilik kulit wajah yang mudah berjerawat atau pori-pori besar sebaiknya hindari moisturizer dengan parfume karena malah akan membuat berkomedo. Disarankan juga untuk memilih sunscreen gel atau lotion.

"Penggunaan moisturizer cukup sekali sehari saat hendak beraktivitas dan sunscreen disarankan re=apply setiap 3 jam, atau semua disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit ataupun aktivitas yang dilakukan," paparnya.

Mencuci muka di saat kondisi saat ini juga diperlukan Namun disarankan untuk tidak menggunakan facial wash atau sabun muka yang mengandung alkohol, cukup dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: