Rute Penerbangan Bandara Kertajati-Nusawiru, Bidik Pasar Penumpang dari Bali dan Malaysia

Rute Penerbangan Bandara Kertajati-Nusawiru, Bidik Pasar Penumpang dari Bali dan Malaysia

Bandara Nusawiru akan menjalin kerjasama dengan Bandara Kertajati untuk menarik wisatawan asal Malaysia.-Ist-

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Bandara Kertajati sedang direncanakan untuk kembali dioptimalkan dengan adanya akses Jalan Tol Cisumdawu.

Rencananya, pada Oktober 2023 nanti akan dilakukan penataan rute antara Bandara Kertajati dengan Bandara Husein Sastranegara.

Sebanyak 7 rute penerbangan rencananya akan dialihkan, khususnya yang dilayani dengan pesawat jet.

Yakni, Denpasar, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Palembang, Makassar, dan Batam. Ini merupakan rute favorit, khususnya Bali.

BACA JUGA:Citilink Kembali ke Bandara Kertajati Akhir Agustus? Manajemen Sudah Cek Kesiapan Lokasi

Tidak hanya kota besar, Bandara Kertajati juga akan melayani penerbangan ke kota kecil seperti Kabupaten Pangandaran.

Tersiar kabar mengenai pembukaan rute penerbangan yang mengkoneksikan antara Bandara Kertajati dengan Bandara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pangandaran, Kusdiana mengatakan, rencananya akan dilaksanakan kerja sama untuk membuka penerbangan ini.

Yakni antara Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Bappeda, Dinas Pariwisata, Dishub Pangandaran BIJB Kertajati dan Maskapai Citilink.

BACA JUGA:Aktivitas Bandara Husein Sastranegara Dialihkan ke Kertajati, Jangan Sampai Nasibnya Seperti Kemayoran

"Penerbangan perdana Bandara Kertajati ke Nusawiru rencananya 29 Agustus 2023. Teknisnya nanti dibahas oleh pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan BIJB," kata Kusdiana, dilansir dari Kabar Pangandaran, Kamis 10 Agustus 2023.

Dijelaskan dia, tindak lanjut dari rencana ini adalah memorandum of understanding (MoU) antara BUMD Jaswita dan manajemen perusahaan penerbangan.

"Saya telah melaksanakan rapat koordinasi pembahasan rencana rute penerbangan ke Bandara Nusawiru di ruang rapat Bandara Internasional Jabar di Majalengka," kata Kusdiana.

Dengan adanya rute ini, pasar yang dibidik adalah penumpang dari Bali dan Malaysia. Yang terdekat tentu saja wisatawan dari Malaysia yang ingin ke Pangandaran.

BACA JUGA:Rute Penerbangan Pindah ke Kertajati, Hero: Pendapatan Warga Sekitar Husein Sastranegara Hilang Selamanya

Sedangkan untuk wisatawan dari Bali, menjadi pasar berikutnya setelah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara dipindahkan ke Bandara Kertajati.

"Ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Pangandaran dan peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Seperti diketahui, saat ini Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu destinasi pariwisata andalan di Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah destinasi seperti Pantai Pangandaran, Pantai Batukaras, Pantai Karapyak, Pantai Batu Hiu hingga Green Canyon ada di sana.

Sebagai informasi, Bandara Nusawiru berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Setiap harinya melayani penerbangana dari beberapa kota seperti Jakarta - Pangandaran, dan Bandung  - Pangandaran. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase