'Butiran Kayu Ajaib' Ini Bisa Ditemui di Majalengka, Tak Jauh dari Puncak Jahim

'Butiran Kayu Ajaib' Ini Bisa Ditemui di Majalengka, Tak Jauh dari Puncak Jahim

Di dekat Puncak Jahim Majalengka atau Jahim Pass, terdapat pabrik wood pellet.-Hasan Albana/Ist-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Anda pernah ke Puncak Jahim atau Jahim Pass? Daerah yang menjadi tapal batas Kabupaten MAJALENGKA dan Ciamis ini terkenal memiliki tanjakan yang ekstrem.

Tanjakkan tersebut juga menakutkan bagi siapa saja yang melintasinya. Selain banyak tikungan, jalan menuju ke puncak itu juga sangat sempit.

Padahal, via Jahim ini, bisa lebih pendek dan banyak menghemat waktu untuk mencapai Ciamis Kota atau Kota Tasikmalaya. Tentu bila dibandingkan dengan jalur reguler Cikijing, Panawangan, Kawali dan Ciamis.

Bukan hanya tanjakkannya saja yang ekstrem, bahkan sebagian orang ada yang bilang mistis. Karena di puncak itu yang ada hanya belantara pinus dan pepohonan lainnya.

BACA JUGA:Polresta Cirebon Ungkap Pelaku Judi Online, Ada 12 yang Diamankan dari 7 Lokasi, Sudah Pakai Aplikasi

Padahal di dekat Puncak Jahim itu ada sesuatu yang mungkin belum banyak yang tahu. Karena memang lokasinya tidak jalan utama.

Sebelum sampai ke Puncak Jahim ada usaha yang agak aneh namanya. Apa itu? Namanya usaha “Butiran Kayu Ajaib”. Kayu tersebut ternyata banyak bermanfaat untuk masa depan Indonesia.

Lokasi usaha itu berada di Desa Rawa Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Desa itu bertetangga dengan Desa Maniis yang menjadi lokasi Puncak Jahim.

Sebenarnya lokasi usaha “Butiran Kayu Ajaib” ini bisa dengan mudah dijangkau. Bila dari Cikijing cari belokan ke kanan menuju Cingambul.


Wood pellet butiran kayu ajaib yang sangat cocok untuk UKM pangan di Indonesia.-Istimewa-radarcirebon.com

BACA JUGA:Ada Usul Ganti Nama BIJB Kertajati Jadi Bandara BJ Habibie, Ini Jejak Sang Teknokrat di Jawa Barat

Tak lama dari itu terus naik. Jangan belok ke arah jalan menuju Desa Rawa. Terus naik ke arah Jahim pass. Lokasi “Butiran Kayu Ajaib” ini lebih enak dijangkau lewat Desa Maniis, Kecamatan Cingambul.

Setelah mulai jalan menanjak di Desa Maniis, sebelum Puncak Jahim nanti akan ketemu jalan sempit. Di pertigaan itu ada tulisan Jl Kaliandra. Lalu belok kanan melalui jalan yang bisa dilalui mobil truk.

Tidak jauh dari plang Jalan Kaliandra itu, kurang lebih 500 meter akan ditemui lokasi “Butiran Kayu Ajaib”. Gampang menjumpai tempat itu karena ada bangunan yang cukup besar di pedalaman Desa Rawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: