Baru 2 Maskapai Mengumumkan Kepindahan Rute Domestik dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati

Baru 2 Maskapai Mengumumkan Kepindahan Rute Domestik dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati

Rute domestik dari Bandara Husein Sastranegara pindah ke Bandara Kertajati, saat ini baru 2 maskapai yang mengumumkan. -BIJB-RADARCIREBON.COM

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Menjelang beroperasi penuh pada 28, Oktober 2023, Bandara Kertajati bakal menerima pemindahan penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara.

Namun sampai dengan Minggu, 3, September 2023, baru 2 maskapai yang mengumumkan kepindahan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Kedua maskapai yang mengumumkan kepindahan tersebut adalah Citilink dan AirAsia dengan  rute penerbangan domestik Kertajati - Denpasar Bali.

Padahal rencananya, ada sedikitnya 6 rute penerbangan yang akan dioperasikan di Bandara Kertajati pada Oktober 2023 nanti.

BACA JUGA:Bakal Beroperasi Penuh Oktober Nanti, Bandara Kertajati Jual Saham 8,4 Persen, Ternyata Ini Alasannya

Selain itu, ada juga rencana membuka penerbangan Kertajati - Bandara Nusawiru Pangandaran yang juga dilakukan pada Oktober, mundur dari jadwal semula 29, Agustus 2023.

Dalam keterangan tertulis berkaitan rencana penjualan saham PT BIJB Perseroda, disebutkan bahwa ditargetkan pada akhir Oktober nanti Bandara Kertajati sudah melayani 60 pergerakan pesawat setiap harinya.

Yakni 30 pesawat kedatangan dan 30 pesawat untuk keberangkatan. Saat ini, di Bandara Kertajati juga sudah beroperasi rute penerbangan internasional.

Yakni, Bandara Kertajati - Kuala Lumpur yang dioperasikan Maskapai AirAsia Malaysia dengan frekuensi penerbangan seminggu 2 kali.

BACA JUGA:Satu Persatu Maskapai Pindah ke Bandara Kertajati, Giliran Citilink Buka Rute Penerbangan ke Bali

Kemudian penerbangan Bandara Kertajati - Jeddah yang dioperasikan Maskapai Garuda Indonesia dengan frekuensi penerbangan 1 minggu 1 kali.

Merujuk pada keterangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, sebanyak 6 rute penerbangan yang akan dipindahkan yakni, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang.

Rute penerbangan yang diumumkan ini, berbeda dengan pengajuan pada Slot Time Conference yang disampaikan manajemen PT BIJB (Perseroda).

Rute yang diajukan oleh manajemen BIJB Kertajati saat slot time conference di Kota Batam mencakup Denpasar (DPS), Pontianak (PNK), Palembang (PLB), Kualanamu (KNO), Padang (PDG), Batam (BTH), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Makassar (UPG), dan Lombok (LOP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: