BREAKING NEWS: Gempa Bumi Dirasakan di Kabupaten Bandung Hari Ini, Begini Analisa BMKG

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Dirasakan di Kabupaten Bandung Hari Ini, Begini Analisa BMKG

Gempa bumi tektonik dirasakan di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto:-BMKG-

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Gempa bumi tektonik dirasakan di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hari ini Senin 4 September 2023.

Parameter Gempabumi pada Senin, 04 September 2023 sekitar pukul 12:43:27 WIB ada di wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya. 

Gempa bumi tersebut tergolong gempa tektonik

Berdasarkan hasil analisa BMKG, gempa bumi tersebut memiliki kekuatan M 3,8. 

Episenter gempa berada pada koordinat 7.38 LS dan 107.53 BT. Lokasi tepatnya di darat pada jarak 39 km Tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman hanya 2 kilometer.

Jenis dan Mekanisme gempa bumi ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Garsela.

Dampak gempa bumi kali ini digambarkan oleh peta tingkat guncangan alias shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat. 

BACA JUGA:5 Instruksi Kapolda Jawa Barat untuk Anggota yang Terlibat Operasi Zebra Lodaya 2023, Ada Tentang Arogan

Dirasakan  di wilayah Cisewu, Pakenjeng, Pangalengan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

Kemudian di Ciwidey, Cikajang, Cibereum, Soreang, Kopo dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Di Cikalong Cimaung Cidaun dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

Terkait gempa bumi susulan, hingga pukul 13:20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 

Rekomendasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: