Wisata Gang, Ada 6 Lokasi Layak Dikunjungi, Bukti Kejayaan Masa Lalu Kota Cirebon

Wisata Gang, Ada 6 Lokasi Layak Dikunjungi, Bukti Kejayaan Masa Lalu Kota Cirebon

Masjid Merah Panjunan salah satu destinasi wisata gang di Kota Cirebon.-Kemendikbud-radarcirebon.com

BACA JUGA:Lawan Turkmenistan Nanti Sore, Timnas Indonesia Bakal Kasih Kejutan

Masjid ini dibangun atas inisiatif Sunan Gunung Jati, dan pembangunannya dipimpin langsung oleh Sunan Kalijaga.

6. Petilasan Pangeran Drajad

Lokasi Petilasan Pangeran Drajad berada di Jl Pangeran Drajad, Gg Mesjid, Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Tempat ini pernah menjadi tempat singgah Sunan Drajat (Pangeran Drajad) di Cirebon ketika melakukan persiapan untuk menyerbu Sunda Kelapa bersama para wali lainnya pada 1526.

Petilasan ini terbuat dari susunan bata merah bercat putih, sementara nisan terbuat dari batu andesit berukir corak kembang.

Petilasan Pangeran Drajad diapit oleh makam Nyi Mas Ageng Pancuran dan Pangeran Sifat Luhung, dua santri yang meneruskan syiar Islam yang dimulai Pangeran Drajad.

BACA JUGA:KPU Usulkan Pendaftaran Capres dan Cawapres untuk Pilpres 2023 Dimajukan, Begini Alasannya

Makam dan petilasan itu berada di bawah dua cungkup, dibalut kain dan kelambu putih. Peziarah banyak yang datang pada Rabu Pon, Jumat Kliwon, dan puncak ziarah terjadi saat Maulud.

Sunan Drajat lahir sekitar tahun 1470 dengan nama Raden Qasim, dan kemudian bergelar Raden Syarifudin. Ia putra Sunan Ampel.

Nah, inilah 6 lokasi Wisata Gang yang layak dikunjungi. Lokasi-lokasi itu berada di gang-gang, namun memiliki sejarah masa lalu yang panjang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: