Periode Oktober-Desember 2023, Angkutan Umum Beri Diskon untuk Angkut Penumpang ke Bandara Kertajati

Periode Oktober-Desember 2023, Angkutan Umum Beri Diskon untuk Angkut Penumpang ke Bandara Kertajati

Bus Damri menuju Bandara Kertajati dari Bandung.-Andy Wahyu Purnawan via Damri Indonesia/Ig-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Dalam waktu dekat, Bandara Kertajati Majalengka akan berfungsi sebagai pengganti Bandara Husein Sastranegara Bandung, yang sebelumnya menerima penerbangan domestik dari Provinsi Jawa Barat.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan menerima penerbangan domestik dan internasional berkat penataan rute penerbangan baru ini.

Oleh karena itu, pengelola juga telah menyiapkan angkutan antarmoda untuk penumpang yang pergi dari dan ke Bandara Kertajati dengan pesawat.

Dengan 108 armada, angkutan antarmoda ini dapat mengangkut hingga 2.300 orang ke 15 daerah tujuan di Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Apakah Bandara Kertajati Terapkan AeroBuddy, Asisten Pintar Bandara Berbasis Data dari AP II?

Selain itu, calon penumpang tidak perlu khawatir karena angkutan antarmoda ini telah disesuaikan dengan jam kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketinggalan pesawat atau tiba terlalu cepat. Selain itu, setelah tiba di Bandara Kertajati, Anda tidak perlu menunggu lama untuk menggunakan bus atau shuttle.

Menariknya, dari Oktober hingga Desember 2023, angkutan darat yang berfungsi sebagai pendukung penerbangan juga akan diberlakukan diskon hingga 20 persen.

Gerry Soejatman, pengamat penerbangan, menganggap penting untuk menetapkan tarif yang terjangkau untuk perjalanan dari Bandung dan daerah lain ke Bandara Kertajati.

BACA JUGA:KAI Daop 3 Cirebon Menghimbau Masyarakat untuk Tidak Membakar Sampah di Sekitar Jalur Kereta Api

Tujuannya adalah menjadikan bandara sebagai pilihan yang lebih baik untuk pengguna pesawat.

Dia menyatakan bahwa transportasi pendukung yang andal, nyaman, dan terjangkau sangat penting.

Menurut Iman Sukandar, Pelaksana Harian (Plh) Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, 108 armada transportasi berasal dari 12 perusahaan.

Seluruh kapasitasnya mencapai 2.300 kursi, dengan tujuan terbanyak adalah Kota Bandung dan wilayah sekitarnya.

Selain itu, Cimahi, Bandung, Jatinangor, Purwakarta, Sumedang, Subang, Karawang, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, dan Pangandaran adalah wilayah lain yang dapat diakses.

BACA JUGA:Novan Heriyanto Membuka Muscab Empat Cabang Muhammadiyah Di Wilayah Timur Cirebon

Masyarakat tidak perlu khawatir tentang perjalanan ke Bandara Kertajati karena ada dukungan transportasi antarmoda.

Selain itu, jalan tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu sudah beroperasi, yang mempercepat perjalanan dari BIJB Kertajati ke Bandung dan tempat lain.

Iman mengatakan bahwa perjalanan dari Bandung ke Bandara Kertajati jauh lebih cepat daripada ke Bandara Soekarno Hatta atau Halim Perdanakusuma.

Beberapa jenis transportasi antarmoda termasuk bus Damri, beberapa perusahaan bus dan travel swasta, dan taksi.

BACA JUGA:Buat Kamu yang Anti Ribet, BRI Sediakan Layanan Digital Customer Service

Sebagai contoh, harga bus Damri dari Bandung ke Bandara Kertajati meningkat sebesar 20 persen dari harga normal Rp100.000,00 menjadi Rp80.000,00 dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Bergantung pada jarak yang ditempuh, taksi Blue Bird akan memberikan diskon hingga Rp50.000,00 dari tarif total.

Seperti diketahui, Bandara Kertajati Majalengka akan resmi beroperasi dan gantikan Bandara Husein Sastranegara mulai 29, Oktober 2023 nanti atau bersamaan dimulainya musim dingin (winter) dunia penerbangan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase