Bupatu Imron: Transportasi yang Andal, Efisien, dan Berdaya Saing Bisa Bermanfaat

Bupatu Imron: Transportasi yang Andal, Efisien, dan Berdaya Saing Bisa Bermanfaat

Bupati Imron menjadi Inspektur Upacara Harhubnas tahun 2023.-Diskominfo Kabupaten Cirebon-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Di Stadion Ranggajati, Kecamatan Sumber, Senin 18 September 2023, Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg, bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Bupati Imron, Inspektur Upacara, menyatakan bahwa Harhubnas tahun 2023 adalah momentum yang tepat untuk bekerja sama dan maju bersama untuk meningkatkan kinerja sektor transportasi demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Menurutnya, kerja sama sangat penting untuk mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sebab, transportasi yang andal, efisien, dan berdaya saing memiliki dampak positif pada mobilitas masyarakat serta perhubungan ekonomi suatu negara.

BACA JUGA:Di Desa Kapatekan Cirebon, Batalyon C Satbrimob Polda Jabar Turut Berpartisipasi dalam Penegakan Keamanan

Imron menambahkan bahwa, sebagai Hari Bakti Insan Transportasi nasional, Harhubnas telah direncanakan dan diikuti oleh seluruh sektor transportasi, termasuk pemerintah, operator, stakeholder, mitra kerja, dan masyarakat.

Negara kita masih dalam proses pembangunan yang sangat panjang. Kontribusi dan kerja sama yang semakin kuat masih sangat penting untuk ke depan.

Dia juga menambahkan bahwa kontribusi besar sektor transportasi tersebut merupakan bagian dari penerapan nilai-nilai kebangsaan, seperti cinta tanah air dan bangsa serta kerja sama sosial.

Pada kesempatan itu, Imron juga mengatakan bahwa dengan pembukaan Tol Cisumdawu, transportasi di Kabupaten Cirebon menjadi lebih baik. Salah satu manfaatnya adalah jarak tempuh dari Bandung ke Cirebon menjadi hanya 1 jam 30 menit.

BACA JUGA:Apakah Bandara Kertajati Terapkan AeroBuddy, Asisten Pintar Bandara Berbasis Data dari AP II?

Dia menyimpulkan, "Dengan dibukanya Kertajati dan Pelabuhan Subang, pasti akan berdampak positif bagi Kabupaten Cirebon, terutama dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang akan meningkat."

Sementara, Ir A Koswara MT, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, menjelaskan bahwa Kabupaten Cirebon akan menjadi tuan rumah peringatan Harhubnas Tahun 2023, dengan beberapa pertimbangan yang dipertimbangkan.

Pertama, Kabupaten Cirebon termasuk dalam wilayah metropolitan Rebana, yang memiliki potensi pengembangan yang luar biasa.

"Jadi, kita perlu meningkatkan konektivitas di daerah rebana ini, yaitu Kabupaten Cirebon."

BACA JUGA:KAI Daop 3 Cirebon Menghimbau Masyarakat untuk Tidak Membakar Sampah di Sekitar Jalur Kereta Api

Kedua, sebagai bagian dari metropolitan Jawa Barat, Kota Cirebon harus memperkuat kebijakan transportasi publiknya.

Selain itu, dia menyatakan bahwa transportasi di perkotaan metropolitan harus mendapatkan perhatian dari semua pihak.

Ketiga, Koswara menegaskan bahwa untuk memastikan bahwa prioritas kebijakan untuk masing-masing daerah setara, kebijakan transportasi harus disesuaikan dengan kepala daerah.

Koswara menyatakan bahwa masalah transportasi publik yang sangat penting adalah mengembangkan layanan transportasi publik supaya mampu berdaya saing, karena transportasi publik ini cukup tertinggal di era teknologi saat ini, khususnya angkutan darat.

BACA JUGA:Buat Kamu yang Anti Ribet, BRI Sediakan Layanan Digital Customer Service

"Angkutan darat menjadi PR besar, dan pelayanannya harus ditingkatkan lagi. Ini perlu menjadi prioritas kebijakan yang kuat di setiap daerah,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase