Ada Nuansa Cirebon di Kereta Cepat Jakarta Bandung, Bagian Interior Dihiasi Motif Batik Mega Mendung

Ada Nuansa Cirebon di Kereta Cepat Jakarta Bandung, Bagian Interior Dihiasi Motif Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung menjadi penghias interior Kereta Cepat Jakarta Bandung.-KCIC-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Sekarang ini Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) masih dalam proses ujicoba operasional. Ada banyak hal yang menarik di Kereta Cepat tersebut.

Di antara yang menarik adalah adanya nuansa Cirebon di dalam kereta cepat ini. Bagian interiornya dihiasi dengan ornamen atau motif batik mega mendung. Salah satu corak batik kebanggaan masyarakat Cirebon.

Saperti dietahui, motif Mega Mendung adalah salah satu jenis batik yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. 

Berbeda dengan jenis batik lainnya, salah satu yang menjadi ciri khas dari batik motif Mega Mendung adalah ukiran awan dan langit yang digambarkan dalam batik.

BACA JUGA:Daftar Tenant Bandara Kertajati Diumumkan pada 18 September 2023, Ada Apa Saja Sih?

Nah, motif batik Mega Mendung inilah yang paling lama membersamai para penumpang di dalam KCJB. Karena motif tersebut menghiasi kursi-kursi penumpang.

Yang menarik lainnya adalah dari sisi desain. Ternyata desain kereta cepat ini terinspirasi oleh hewan asli Indonesia, yakni komodo. 

Jika di lihat dari luar, memang kereta ini tampak seperti hewan melata legendaris dari Nusa Tenggara Timur (NTT itu.

Sementara itu, uji coba KCJB direncakan sampai akhir September ini. Pada awal Oktober 2023, kereta ini dijadwalkan sudah mulai beroperasi penuh dan berbayar.

BACA JUGA:Dua Syarat Jika Levy Mandinda Ingin Tetap Bertahan di Persib Bandung

Selama uji coba KCJB masih gratis. Presiden Joko Widodo dan sejumlah selebritis papan atas, sudah mencicipi kereta cepat tersebut.

Selama uji coba berlangsung, kereta cepag ini ternyata sangat diminita masyarakat. Mereka rela antre mendaftar secara online demi sensasi Jakarta Bandung kurang dari 40 menit.

Seperti diketahui, pengelolaan operasional KCJB ditangani PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Rangkaian KCJB diberi nama KCIC400AF.

Apa hebatnya KCIC400AF itu? Sesuai dengan namanya, KCIC400AF dirancang untuk beroperasi dengan kecepatan tinggi yaitu 350 kilometer (km) per jam. Karena itu, jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh hanya dalam waktu 36 hingga 44 menit saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: