Hati-hati dengan Rayuan Maut Pinjol, Enaknya Hanya Sekali, Penderitaan bisa Sampai Mati

Hati-hati dengan Rayuan Maut Pinjol, Enaknya Hanya Sekali, Penderitaan bisa Sampai Mati

Rayua maut pinjaman online atau pinjol yang dapat menyebabkan seseorang terbuai dan terbelit masalah keuangan.-Istimewa-radarcirebon.com

BACA JUGA:Saldo ATM Bank BCA Berkurang Sendiri Tiap Bulan, Coba Cek Barangkali 3 Hal Ini Penyebabnya

Jumlah iklan pinjol ini nyaris tak terhitung. Apalagi bagi mereka yang aktif membuka YouTube dan main game gratisan. Pasti lebih sering dihampiri oleh iklan pinjol. 

Lihat saja di media sosial. Banyak akun yang menyuarakan isi hati jika di ponselnya dipenuhi dengan iklan pinjol.

Jika yang dihampiri iklan-iklan pinjol itu sudah memiliki akal sehat dan kesadaran, mungkin tidak ada masalah. Namun bagi yang kurang melek finansial, iklan-iklan pinjol itu akan menjadi jebakan.

Apalagi semua iklan pinjol baik yang legal maupun ilegal, dikemas dengan cara sangat tudak baik. Hal inilah yang sering menjebak para calon nasabahnya.

BACA JUGA:Saldo Segini, Nasabah Bank BCA Bisa Kena Penutupan Rekening Otomatis, Mulai 1 November 2023

Ada unggahan menarik dari akun era. Dalam cuitannya akun tersebut memaparkan hasil observasi terhadap iklan-iklan pinjol yang lalu lalang di ponsel, terutama selama bermain game online. Berikut observasinya:

Kata kunci iklan pinjol berkisar pada kemudahan transaksi. Misalnya persyaratan sedikit dan pencairan dana cepat. Kemudian limit pinjaman tinggi hingga puluhan juta rupiah. 

Juga tenor panjang dan bunga rendah (di bawah 1%). Yang selaku ada juga keamanan transaksi (terdaftar dan diawasi OJK). Dalam durasi 30 detik, semua poin tadi dilibas tanpa diskon sama sekali.

Walhasil, rata-rata iklan pinjol miskin kreativitas dan terkesan asal jadi. Semuanya template. Entah itu AdaKami, EasyCash, AdaPundi, atau apa pun. 

BACA JUGA:Persib vs Bhayangkara Ibarat Indonesia vs Taiwan di Asian Games 2023, Bobotoh Beri Warning

Skripnya tak jauh-jauh dari cerita komplain nasabah ke customer service. Seperti curhat butuh dana darurat, monolog sales pinjol, hingga ada orang tiba-tiba disuruh download aplikasi pinjol.

Skenario terakhir itu yang paling absurd. Formulanya kira-kira begini sebagai gambaran: 

  • Tokoh A sedang berkegiatan apa pun;
  • sales pinjol datang;
  • sales menyuruh Tokoh A mengunduh aplikasi pinjol dan mengecek limit pinjaman;
  • Tokoh A takjub dan segera mencairkan dana.

Dalam salah satu iklan, menonton mbak-mbak sedang duduk-duduk bermain hp. Tiba-tiba seseorang datang dan bertanya: Udah pakai nomor hp-nya berapa lama? Dijawab dua tahun. Orang tak dikenal tadi lalu menyelamatinya, “Selamat, Mbak dapat limit pinjaman 20 juta!” Mbak-mbak itu lalu mengecek hpnya. “Wah iya, aku dapat 20 juta!”

BACA JUGA:MANTAP! Pemda Provinsi Jabar Raih Penghargaan PR Indonesia di Bidang Komunikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: