Alhamdulillah, Mulai 29 Oktober 2023 Bandara Kertajati Sudah Siap Beropasi

Alhamdulillah, Mulai 29 Oktober 2023 Bandara Kertajati Sudah Siap Beropasi

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.-PT BIJB-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Direktur Operasi PT Angkasa Pura II, Wendo Asrul Rose menyatakan bahwa Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka sudah siap untuk beroperasi melayani penumpang pada 29 Oktober 2023 mendatang.

Pertanyaan tersebut disampaikan Wendo dalam Focus Group Discussion (FGD) secara virtual yang ditayangkan dalam channel Youtube FMB9 ID_IKP, Jumat 22 September 2023.

Menurutnya, sebelum bandara ini siap dioperasionalkan, Kementerian Perhubungan RI sudah melakukan verifikasi, terutama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

“Sejumlah personil, mulai dari operation service, facility, maintenance custom, imigration dan karantina untuk pelayanan internasional ini sudah disiapkan dengan baik,” tuturnya.

BACA JUGA:Sasmita Kembali Terpilih Sebagai Ketua NPCI Kota Cirebon, Inilah Program yang Bakal Dikerjakan

Untuk tahap awal, operasional BIJB Kertajati rencananya akan berlangsung selama 11 jam perhari. “Tapi, nanti kami akan sesuaikan dengan kebutuhan dari teman-teman operator penerbangan,”  imbuhnya.

Apalagi, saat ini BIJB Kertajati sudah punya run away sepanjang 3000 meter, itu bisa menggerakkan pesawat sebanyak 20 pergerakan per jam dengan kapasitas penumpang bisa mencapai 10 juta orang per tahun.

Selanjutnya, untuk mendukung arus transportasi penumpang menuju bandara,  ada 9 operator moda trasportasi darat, antara lain 7 shutle bus, 1 shutle taksi dan 1 transportasi online. Semuanya sudah berkomitken akan beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 nanti.

“Ini sudah siap, jadi kalau kita lihat rute-rute yang dijalani nanti ini ada mulai dari Indramayu, Tasikmalaya, Sumedang, Cirebon, Kuningan, Purwakarta dan Majalengka. Bandung juga akan bersifat rutin untuk jadwalnya,” imbuhnya.

BACA JUGA:Tumbuh Impresif, Fee-Based Income BRI Capai Double Digit

Pihaknya pun sudah mempunyai timeline terkait persiapan pemindahan penerbangan tersebut.

“Insya Allah minggu depan akan melakukan proses assesment lagi terhadap kesiapan bandara Kertajati,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Wendo juga menjelaskan, sebelum beroperasi penuh, pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2023 akan dilakukan Shadow Operation ataupun simulasi pemindahan.

 “Tanggal 28 Oktober 2023 malam mobilisasi peralatan dan fasilitas ground handling ataupun fasilitas airline yang akan beroperasi di Kertajati,”

BACA JUGA:Rekor Kemenangan Persib Kalah dari Bhayangkara FC, Bojan Hodak Akui Belajar dari Dewa dan Madura

Pada malam tersebut dipastikan sudah siap untuk memberikan proses pelayanan.

“Nah, landing pertama kemungkinan terjadi tanggal 28 malam atau 29. Kemudian akan dilakukan proses operationalisasi tanggal 29 nanti,” bebernya.

Terkait penjualan tiket, berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, lanjut Wendo sudah memberi tahu kepada operator maskapai penerbangan bahwa penjualan tiket  per tanggal 29 Oktober tahun 2023  sudah di Bandara Kertajati. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase