Perbandingan Teknis kenapa Bandara Husein Sastranegara Digantikan Bandara Kertajati Majalengka

Perbandingan Teknis kenapa Bandara Husein Sastranegara Digantikan Bandara Kertajati Majalengka

Perbandingan teknis Bandara Husein Sastranegara yang akan digantikan Bandara Kertajati pada Oktober 2023 nanti.-Baehaqi-radarcirebon.com

BACA JUGA:Dapet Motor Sekarang Bisa Lebih Gampang dengan Kredit Motor di Bank BCA

Kemudian critival aircraft diturunkan menjadi ATR 72-600 yang tentu berpengaruh pada keamanan menjadi kelas F, dan ARFF Kategori 5 dengan kebutuhan air minimal 5.400 liter.

Sedangkan Bandara Kertajati yang akan dipersiapkan untuk beroperasi penuh bakal memiliki jam operasional selama 11 jam.

"Jam operasional ini fleksibel mengikuti kebutuhan dari teman-teman maskapai," kata Wendo.

Dari sisi teknis, bandara ini mampu melayani 20 pergerakan pesawat per jam. Sebab memilik runway dengan panjang 3.000 x 60 meter dan apron 22 parking stand untuk 4 pesawat wide body dan 18 narrow body.

BACA JUGA:Wisata di Solo Instagramable dengan harga terjangkau !

Saat ini, Bandara Kertajati memiliki luas bangunan terminal 96.280 meter persegi dengan kapasitas 5,6 juta pax per tahun.

Sedangkan untuk kargo kapasitasnya mencapai 4.500 meter persegi dengan 31 ribu ton per tahun.

Karena memiliki critical aircraft yang dilayani yakni B777-300, bandara ini membutuhkan ARFF Kategori 8 dengan kebutuhan air minimal 18.200 liter.

Wendo menambahkan, PT Angkasa Pura II yang bertugas selaku pengelola Bandara Kertajati sudah menciptakan value operation, sehingga orang akan lebih memilih untuk terbang ke Kertajati.

BACA JUGA:Pelatih Persib Bandung Waspadai Pemain Muda Bhayangkara FC

Untuk mengikat maskapai penerbangan agar mereka mau beroperasi di bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka ini, PT Angkasa Pura II sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Jawa Barat untuk memberikan program insentif.

“Program insentif yang kami akan sampaikan kepada teman-teman airline operator, pertama adalah free landing fee. Kebijakan ini kurang lebih 6 bulan akan kita berikan kepada airline operator,” sebutnya.

Kemudian, free parking fee selama 6 bulan untuk maskapai, juga untuk 6 jam pertama ini untuk penumpang.

Selain itu, diskon sewa kantor sebesar 50 persen selama 6 bulan pemakaian. Dan juga, diskon 50 persen pemakaian garbarata atau jembatan penghubung ruang tunggu penumpang dengan pintu pesawat, serta lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: