WOW! Akan Dibangun Jalan Tol Cipali - Kuningan, Tersambung ke Tol Getaci, Melipir Gunung Ciremai

WOW! Akan Dibangun Jalan Tol Cipali - Kuningan, Tersambung ke Tol Getaci, Melipir Gunung Ciremai

Kementerian PUPR akan melakukan pembangunan Jalan Tol Cipali - Kuningan pada tahun 2030. Foto konstruksi jalan akses wisata ke Palutungan. -BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat-radarcirebon.com

BACA JUGA:Dua Misi Persib Bandung Jelang Lawan Persita Tangerang

Terkait waktu pembangunan, menurut Teddy, berdasarkan pembahasan di Kementerian PUPR kemungkinan besar di tahun 2030. Namun tidak menutup kemungkinan lebih cepat. 

Sebab, pemerintah biasa membangun jalan tol dengan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Menurut Teddy, pembangunan Jalan Tol Kuningan memang sudah sangat diperlukan. Sebab, saat ini exit tol terdekat adalah di Ciperna, Kabupaten Cirebon.

Keberadaan Jalan Tol Cipali - Kuningan diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di Kota Kuda. Apalagi exit tol yang disiapkan ada di wilayah Linggarjati dan Cigadung.

BACA JUGA:Sekala dan Niskala, Panjang Jembatan Selat Bali - Jawa Hanya 39 Kilometer, Tapi Mustahil Dibangun

"Untuk yang Linggarjati diperuntukkan bagi yang ingin rekreasi di wilayah Kuningan utara. Sedangkan exit tol Cigadung menuju pusat pemerintahan Kuningan," tuturnya.

Seperti diketahui, saat ini Kabupaten Kuningan memang belum memiliki akses jalan bebas hambatan. Meski pembangunan jalan baru di Kota Kuda sangat masif.

Pembangunan akses tol ini, tentu akan sangat membantu transportasi dan mobilitas masyarakat. Apalagi sekarang waktu tempuh Cirebon - Kuningan semakin lama lantaran lalu lintas yang padat di jalur arteri.

Untuk perjalanan dari Ciperna sampai ke Linggarjati yang berjarak hanya 19 kilometer, membutuhkan waktu 42 menit.

BACA JUGA:4 Hal yang Membuat Jembatan Jawa-Bali Sulit Terwujud, Usulan Profesor pun Ditolak, Hanya Gegara Terkait Mitos?

Sedangkan waktu tempuh dari Ciperna ke Palutungan yang merupakan destinasi wisata favorit sekitar 1 jam 10 menit dengan jarak tempuh hanya 33 kilometer.

Dengan adanya Jalan Tol Cipali - Kuningan tentu waktu tempuh akan tereduksi secara signifikan, karena akses jalan yang bebas hambatan. 

Artikel ini sudah tayang di radarkuningan.com dengan judul: MANTAP, Sambungkan Tol Cipali dengan Tol Getaci, Tol Kuningan Bakal Dibangun Kementrian PUPR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: