Usai Jakarta-Bandung, Jokowi Tunggu Hasil Kajian Kereta Cepat Hingga Surabaya

Usai Jakarta-Bandung, Jokowi Tunggu Hasil Kajian Kereta Cepat Hingga Surabaya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran menteri dan pejabat terkait meresmikan Kereta Cepat Whoosh rute Jakarta-Bandung di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin 2 Oktober 2023.-Biro Adpim Jabar-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Baru saja Kereta Cepat Whoosh rute Jakarta-Bandung diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun Halim, Jakarta, Senin 2 Oktober 2023.

Pembangunan rute kereta cepat tidak akan berhenti sampai Jakarta-Bandung. Namun, akan disambungkan ke berbagai kota di Pulau Jawa hingga Surabaya di Provinsi Jawa Timur.

Kendati demikian, rencana perpanjangan rute kereta cepat ini masih dalam kajian, sehingga pelaksanaan pembangunannya bisa efisien, baik dari segi anggaran dan waktu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja meresmikan KCJB pada Senin 2 Oktober 2023.

BACA JUGA:Lewat Aplikasi myBCA Bisa Melakukan Transaksi Paylater, Begini Caranya

Menurutnya, pihak pemerintah menunggu hasil studi guna memperpanjang kereta cepat mencapai Surabaya yang akan dirampungkan oleh pemprakarsanya dalam minggu kedepan.

"Kereta cepat dari Bandung ke Surabaya mungkin dalam waktu dua minggu ini studinya dari pemprakarsa akan selesai," ujar Jokowi usai peresmian KCJB, Senin 2 Oktober 2023.

Jokowi menegaskan pemerintah juga akan melalukan kajian mengenai hasil studi dari pemprakarsa mengenai Kerta cepat.

Kemudian selanjutnya pemerintah akan mengambil keputusan mengenai perpanjangan rute kereta api cepat.

BACA JUGA:Berprestasi, Personel Polres Cirebon Kota Diberi Penghargaan

"Setelah hitung-hitungan kalkulasi selesai, baru diputuskan, itu tahapannya dari dulu seperti itu," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan rencana diperpanjang Rute KCJB hingga Surabaya, dari semula Stasiun Halim ke Tegalluar.

Budi mengataka nantinya kereta cepat, rute Jakarta ke Surabaya hanya dalam waktu empat jam dan mampu bersaing dengan pesawat udara.

"Kereta cepat juga gitu kok, dibangun cuma Jakarta-Bandung banyak kok-nya, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya (Kereta Cepat Jakarta Surabaya)," ungkapnya.

BACA JUGA:Kasus Bully di Balikpapan Mirip Mario Dandy, Aksi Pelaku Dipicu Aduan Sang Pacar

Budi Karya juga mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Surabaya nantinya direalisasikan dengan menghubungkan sejumiah pusat-pusat ekonomi di Pulau Jawa.

"Jadi kita kawal benar kereta cepat ini konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama. Jadi rencananya itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Yogyakarta, Solo, Madiun, dan Surabaya. Empat jam mudah-mudahan bisa melaksanakan itu," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase