Selain Jalan Tol, Pemkab Kuningan - Cirebon Juga Persiapkan Jalan Baru, Namanya Lingkar Utara

Selain Jalan Tol, Pemkab Kuningan - Cirebon Juga Persiapkan Jalan Baru, Namanya Lingkar Utara

Jalan Lingkar Utara Kuningan akan dibangun mulai Tugu Ikan Sampora sampai ke Kabupaten Cirebon.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Selain proyek jalan tol yang menghubungkan Tol Cipali dan Tol Getaci, Pemerintah Kabupaten KUNINGAN dan Cirebon juga sedang membahas proyek bersama.

Kedua daerah bertetangga tersebut, telah menyepakai jalan baru non tol yang akan dibangun menghubungkan kedua daerah.

Bupati Kuningan, Acep Purnama menyebut, proyek ini dengan nama Jalan Baru Lingkar Utara. Lokasinya meneruskan dari Tugu Ikan Sampora sampai ke perbatasan Kabupaten Cirebon.

"Jalan ini akan membuat ekonomi baru berkembang di jalur yang dilintasi," kata Acep Purnama, dikutip radarcirebon.com, Kamis, 5, Oktober 2023.

BACA JUGA:Bupati Imron Minta Jaga Kondusifitas Daerah Jelang Pilwu 2023 dan Pemilu 2024

Dijelaskan dia, pembangunan Jalan Baru Cirebon - Kuningan ini sudah dibahas dengan Bupati Cirebon, H Imron belum lama ini.

Pemkab Cirebon berkeinginan menyambungkan kedua akses jalan baru yang sudah dibangun masing-masing daerah.

"Saya dan Pak Bupati Cirebon sudah ngobrol. Intinya Kuningan sangat mendukung pembangunan jalan lingkar utara," tandasnya.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan dua kepala daerah, masing-masing telah menugaskan kepada tim teknis melakukan kajian dan penelitian di lapangan.

BACA JUGA:TERBARU! BMKG memprediksi kemarau berakhir mulai Oktober 2023

Mulai dari trase jalan hingga daerah yang akan dilewati oleh pembangunan. Rencananya, pemerintah daerah masing-masing yang akan melakukan pembebasan lahan.

Khusus untuk Kabupaten Kuningan, kata Acep, pembebasan lahan tidak terlalu sulit karena kemungkinan hanya sekitar 1 kilometer saja sampai ke perbatasan.

Sementara untuk Kabupaten Cirebon, kemungkinan pembabasan lahan sekitar 9 kilometer. Kemudian hal lain yang disepakati adalah terkait dengan pembiayaan.

"Supaya cepat jadi pembebasan lahan dilakukan pemerintah daerah, untuk pembangunannya dari Kementerian PUPR," tandas Acep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: