Alternatif Rute Jalan Baru Cirebon - Kuningan, Via Ciperna - Nanggela - Kamarang, Buka Wilayah Terisolir

Alternatif Rute Jalan Baru Cirebon - Kuningan, Via Ciperna - Nanggela - Kamarang, Buka Wilayah Terisolir

Alternatif rute Jalan Baru Cirebon - Kuningan, salah satunya via Nanggela. Foto lalu lintas di Jalan Raya Gronggong - Cirebon. -Burhanuddin Indra Lestaluhu/Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ada usulan menarik, soal alternatif rute jalan baru Cirebon-Kuningan. rute tersebut melalui jalur Ciperna, Naggela, Kamarang dan menuju Caracas.

Naggela dan Kamarang adalah salah satu desa di Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Sementara Caracas adalah nama salah satu desa di Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan.

Banyak hal yang menguntungkan dari rute tersebut. Di antara yang paling menonjol adalah melalui beberapa wilayah yang selama ini terisolasi.

Bahkan rute ini boleh dibilang menjadi yang terbaik untuk rencana jalan baru Cirebon Kuningan. Rencana itu sedang diseriusi oleh Bupati Cirebon dan Bupati Kuningan.

BACA JUGA:Gaet Turis dari Bandara Kertajati, Kota Cirebon Andalkan Wisata Sejarah dan Budaya, Target 4 Juta Wisatawan

Memang Kabupeten Cirebon harus berjuang keras, untuk memikirkan rencana jalan baru itu. Selain paling banyak dilalui, juga jangan sampai tumpang tindih dengan jalan yang sudah ada.

Dari Kuningan tidak ada masalah. Terlalu pendek jalur yang dilalui. Asal rute tersebut nanti nyambung dengan jalan baru. Bisa di melalui Hutan Kota Caracas atau di Pantung Ikan.

Jika dari Cirebon jangan justru menjadi beban jalan raya Geronggong yang sekarang sudah sangat padat. Jalan yang baru tersebut harus menghindari tanjakkan tersebut.

Sehingga menarik membahas rute jalan baru yang dari Kabupaten Cirebon. Terutama untuk mencari rute terpendek dan bisa mengembangkan wilayah baru yang selama ini terisolir.

BACA JUGA:WOW! Ada Paket Wisata Penerbangan Cirebon – Pangandaran, Terbang dari Bandara Cakrabhuwana Penggung

Sebenarnya ada alternatif rute yang bisa dipertimbangkan jika memang serius membuat jalan baru. Rute ini relatif tidak terlalu panjang dan bisa mengurai kemacetan di tanjakan Geronggong.

Rute ini seperti disebut di atas: Ciperna-Nanggela-Kamarang-Caracas. Rute ini dimulai dari pertigaan Jalan Raya Cirebon-Kuningan dengan Jl Ir Seokarno. Kemudian terus menyusur jalan melewati samping Lapangan Golf Ciperna.

Dari lokasi terus menyisir di bawah rumah makan The Salt dan Kelapa Manis, dan terus menuju ke arah Nanggela. Sudah ada jalan sempit di jalur itu. Yang bisa menjadi cikal bakal jalan baru. Jakur itu juga lumayan landai.

Memang perjuangan paling berat adalah dari Ciperna ke Nanggela. Namun jika sudah sampai Naggela hingga Kamarang, sudah lumayan ringan. Sudah  banyak jalan besar tinggal memperlebar saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: