ASYIK! Warga Tegal Bisa ke Bandara Kertajati Naik Damri, Sedang Diajukan Izin Trayek Loh

ASYIK! Warga Tegal Bisa ke Bandara Kertajati Naik Damri, Sedang Diajukan Izin Trayek Loh

Damri sedang menyiapkan trayek untuk perjalanan dari Tegal ke Bandara Kertajati Majalengka.-Humas Jabar-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Warga Kota dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng) yang ingin terbang ke Bandara Kertajati juga bakal difasilitasi dengan angkutan Bus Damri.

Saat ini, Perum Damri Cabang Bandung sedang mempersiapkan armada dan izin trayek untuk menopang transportasi ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Selain mengoperasikan trayek yang sudah ada yakni Bandung - Kertajati, Cirebon - Kertajati dan Kuningan - Kertajati, juga akan ada relasi baru.

Beberapa trayek yang sedang diajukan yakni Kabupaten Purwakarta, Tasikmalaya, Subang, Cimahi, Soreang, Indramayu dan Tegal.

BACA JUGA:Kisah Maskapai Palestinian Airlines Kebanggaan Rakyat Palestina yang Akhirnya Berhenti Terbang

General Manager (GM) Perum Damri Cabang Bandung, Suranto menjelaskan, untuk trayek Cirebon - Kertajati dan Bandung - Kertajati saat ini sudah beroperasi.

Bisa dibilang, ini adalah trayek eksisting yang biasa digunakan masyarakat untuk penerbangan Kertajati - Malaysia setiap Rabu dan Minggu.

Namun dengan beroperasinya Bandara Kertajati pada 29 Oktober 2023 nanti dengan 7 rute penerbangan domestik dan 1 internasional, Damri juga akan melakukan persiapan untuk mendukung pengoperasian tersebut.

"Ada beberapa trayek yang kita buka. Kami sudah mengajukan rute baru," kata Suranto, seperti dilansir dari Bisnis, Kamis, 12, Oktober 2023.

BACA JUGA:Sudah Ada Rencana Pembangunan Jalan Tol Cirebon – Kuningan, Masih Perlu Pembagunan Jalan Baru Lingkar Utara?

Untuk trayek eksisting saat ini, dioperasikan dengan rata-rata 8 bus per trayek. Tetapi untuk yang baru nanti, 1 trayek hanya 5 bus.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan ke depannya armada Damri akan terus bertambah, seiring dengan peningkatan traffic penerbangan di Bandara Kertajati.

Sedangkan terkait tarif untuk sementara ini diberlakukan promo yakni Rp 80 ribu untuk perjalanan Bandung - Kertajati selama Oktober - Desember 2023.

Tetapi nantinya tarif normal atau tertinggi kemungkinan dipatok Rp 100 ribu per penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: