Tanaman Kaliandra Merah Bisa Jadi Solusi PLTU Indramayu? Jepang akan Hentikan Pinjaman Pembelian Batubara

Tanaman Kaliandra Merah Bisa Jadi Solusi PLTU Indramayu? Jepang akan Hentikan Pinjaman Pembelian Batubara

Kaliandra merah bisa menjadi bahan bakar untuk PLTU Indramayu yang tidak mendapatkan pinjaman dari Jepang untuk pembelian batubara. Foto hanya ilustrasi. -PLN-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Kaliandra Merah bisa menjadi pengganti atau setidaknya mengurangi penggunaan batu bara di PLTU Indramayu. Setelah Jepang menghentikan pinjaman pengadaan batubara.

Tentu syaratnya harus ada penanaman tumbuhan asal Mexico ini secara besar-besaran. Lokasi untuk penanaman yang paling cocok adalah di Kuningan dan Majalengka.

Di dua daerah itu tumbuhan tersebut sudah banyak dan bisa tumbuh dengan baik. Sehingga tidak perlu melakukan ujicoba media tanam lagi. Tinggal melanjutkan yang sudah ada.

Mengapa harus batubara sebagai pengganti atau setidaknya mengurangi di PLTU Indramayu?

BACA JUGA:Aksi Bela Palestina di Indramayu, Relawan Galang Dana

Sebenarnya tanaman lain juga bisa. Tapi memang tidak seunggul Kaliandra Merah. Banyak keunggulan dengan tanaman yang satu ini, antara lain:

1. Kalori Kaliandra Merah ini sangat tinggi. Dari uji laboraturium yang pernah dilakukan, tanaman liar itu memiliki kalori sekitar 4500/kg.

Bandingkan dengan kalori batu bara. Memang untuk kualitas 1,  kalorinya 6.000 kkal/kg. Untuk kualitas 2, kalorinya antara 5.600 kkal/kg sampai 6.000 kkal/kg. Sedangkan kualitas 3 kalorinya antara 4.700 kkal/kg sampai 5.600 kkal/kg.

Tapi perlu dicatat, sangat sulit untuk mendapatkan batubara dengan kualitas 1 dan 2. Yang paling banyak adalah batu bara dengan kualitas 3.

BACA JUGA:4 Manfaat Tanaman Kaliandra Merah, Sangat Menjanjikan, Banyak Dijumpai di Majalengka dan Kuningan

2. Kaliandra Merah itu merupakan energi baru dan terbarukan. Energi dari tanaman ini tak akan habis selagi masih ada yang menanamnya.

Sementara batu bara lama kelamaan akan habis. Batu bara merupakan energi yang tidak bisa diperbaharui.

3. Menanam Kaliandra Merah itu tidak terlalu sulit. Di media tanah apa saja bisa. Termasuk di tanah tandus sekalipun.

Apalagi di wilayah 3 Cirebon, banyak lahan yang cocok untuk ditanami Kaliandra Merah. Di Kuningan dan Majalengka sudah banyak tumbuh tanaman jenis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: