4 Manfaat Tanaman Kaliandra Merah, Sangat Menjanjikan, Banyak Dijumpai di Majalengka dan Kuningan

4 Manfaat Tanaman Kaliandra Merah, Sangat Menjanjikan, Banyak Dijumpai di Majalengka dan Kuningan

Manfaat Kaliandra Merah tanaman yang banyak dijumpai di Kuningan dan Majalengka. -Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Kaliandra Merah bakal menjadi tanaman yang menjanjikan di masa mendatang. Kabupaten Kuningan dan Majalengka memiliki potensi besar untuk tanaman yang satu ini.

Mengapa menjanjikan? Kaliandra Merah itu memiliki multi-manfaat. Setidaknya ada 4 manfaat dari tumbuhan ini, yakni:

1. Tanaman ini paling cocok sebagai tumbuhan yang bisa dijadikan energi baru terbarukan. Tanaman berkalori tinggi ini, bisa menjadi pengganti batu bara.

2. Bukan itu saja, daun Kaliandra Merah ini bisa dijadikan pakan ternak, terutama kambing dan sapi. Bahkan pakan ternak dari tumbuhan ini, lebih bagus dari pada pakan buatan pabrikan.

BACA JUGA:SORE INI Puncak Aksi Bela Palestina Bakal Digelar di Haurgeulis Indramayu, Ribuan Umat Islam Turun Ke Jalan

3. Ada lagi manfaat dari tanaman liar yang bisa tumbuh di mana saja ini. Bunganya sangat disukai lebah. Sehingga bunga tanaman ini bisa diupayakan untuk membuat madu. Sudah banyak yang sukses memproduksi madu dari bunga Kaliandra Merah.

4. Yang terakhir juga paling penting, tanaman ini bisa dijadikan penahan longsor karena memiliki akar yang kuat. Juga sekaligus untuk menghijaukan lahan yang kritis.

Menurut Palmer dan Ibrahim dalam tulisannya yang terbit pada 1996, Kaliandra merupakan salah satu leuguminosa pohon atau semak yang memiliki beberapa spesies.

Salah satu spiesnya adalah kaliandra bunga merah (Calliandra calothyrsus). Sering disebut Kaliandra Merah. Nama ini paling banyak dikenal. Kaliandra termasuk dalam familia Leguminoseae dan sub familia Mimosaceae.

BACA JUGA:Tol Kuningan - Tasikmalaya Lewat Lereng Gunung Ciremai, Bupati Usulkan Rute Lain, Rute Berat dan Banyak Jurang

Sementara menurut Hidayat yang ditulisnya pada tahun 2006, kaliandra adalah pohon kecil bercabang. Tingginya maksimum 12 meter dan diameter batang maksimum 20 cm. Ciri-ciri lainnya kulit batang berwarna merah atau abu-abu, dan ke arah pucuk batang cenderung bergerigi.

Selain itu, perakaran terdiri atas beberapa akar tunggang, akar lebih halus dan jumlahnya sangat banyak, memanjang sampai kepermukaan tanah. Kaliandra mempunyai daun yang lunak terbagi menjadi daun-daun yang keeil. Panjang daun utama mencapai 20 cm, dan lebarnya mencapai 15 cm.

Menanam Kaliandra Merah juga cukup gampang. Bisa langsung dari bijinya, atau langsung stek dengan pohonnya. Tapi paling banyak adalah dengan pembibitan dari bijinya. Karena bisa lebih banyak diupayakan.

Kaliandra Merah ini bisa ditanam di mana saja. Di dataran tinggi, ataupun di tanah yang tandus. Bahkan di daerah pesisir pantai dan rawa-rawa pun bisa tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: