4 Manfaat Tanaman Kaliandra Merah, Sangat Menjanjikan, Banyak Dijumpai di Majalengka dan Kuningan

4 Manfaat Tanaman Kaliandra Merah, Sangat Menjanjikan, Banyak Dijumpai di Majalengka dan Kuningan

Manfaat Kaliandra Merah tanaman yang banyak dijumpai di Kuningan dan Majalengka. -Istimewa-radarcirebon.com

BACA JUGA:Dewan Pers Ingatkan Penggunaan Atribusi Teroris untuk Pemberitaan Perlawanan Palestina terhadap Israel

Di mana bisa dijumpai pohon Kaliandra Merah di Cirebon dan sekitarnya? Gampang sekali menjumpai tanaman tersebut. Terutama di lereng Gunung Ciremai yang berada di Majalengka dan Kuningan.

Tentu yang paling banyak adalah di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Di kawasan tersebut banyak Kaliandra Merah yang besar batangnya sudah lebih besar dari tubuh manusia dewasa.

Hanya, tanaman yang berada di TNGC itu dilarang ditebang. Karena itu, wajar kalau batangnya sudah sangat besar.

Yang juga banyak adalah di sekitaran kawasan  yang dimiliki oleh Perhutani. Tanaman itu biasanya tumbuh liar di sekitar pohon pinus. Sering dibersihkan, tapi tumbuh lagi dengan cepat.

BACA JUGA:NGANTUK HILANG! Wisata Rest Area Banjaratma Ada Prosotan yang Memicu Adrenalin, Yuk Coba

Di beberapa tempat di perbukitan di Kuningan juga sangat banyak. Ada di sekitar Lur Agung dan Kuningan Timur pada umumnya. Juga beberapa di antaranya ada di Mandirancan, Pesawahan dan juga Cilimus.

Di Majelengka juga sangat banyak. Di Cikijing, Cingambul, Talaga, Argalingga, Argapura, Bantarujeg, Lemahsugih, Maja dan Sindang, banyak dijumpai Kaliandra Merah.

Entah mengapa tumbuh liar di daerah-daerah tersebut. Semua tahu, jika Kaliandra Merah itu bukan tumbuhan sali Indonesia, tapi berasal dari Mexico.

Kemungkinan besar dulu benih tanaman tersebut ditebar untuk penghijauan lahan-lahan kritis. Juga ditanam di daerah yang rawan untuk longsor. Karena tumbuhan ini akarnya sangat kuat, cocok untuk membentengi longsor. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: