KA Argo Semeru Anjlok Lalu Diserempet KA Argo Wilis

KA Argo Semeru Anjlok Lalu Diserempet KA Argo Wilis

KA Argo Semeru anjlok dan sempat diserempet KA Argo Wilis. -BPBD Kulon Progo-radarcirebon.com

KULONPROGO, RADARCIREBON.COM - Kereta Api (KA) Argo Semeru anjlok di petak jalur Sentolo - Wates, Kabupaten KULONPROGO, DIY, hari ini, Selasa, 17, Oktober 2023.

Selain mengalami anjlok, KA Argo Semeru rupanya sempat diserempet oleh KA Argo Wilis yang melaju dari jalur berlawanan. 

Akibatnya, double track jalur selatan Pulau Jawa tersebut lumpuh dan tidak bisa dilewati. Sejumlah perjalanan kereta api juga mengalami gangguan.

Saat ini, penanganan telah dilakukan. PT KAI Daop III Cirebon mengirimkan kereta api luar biasa (KLB) crane untuk membantu evakuasi. 

BACA JUGA:Darah Tinggi Disebut The Silent Killer, Ternyata Banyak yang Tak Menyadari Bahaya Penyakit Ini

Menurut kesaksian sejumlah penumpang, ketika kereta api sudah mengalami anjlok tidak lama berselang ada suara benturan. 

Ternyata, berasal dari Kereta Api Argo Wilis yang menyerempet gerbong anjlok dari KA Argo Wilis Relasi Stasiun Gambir - Surabaya Gubeng tersebut.

Dampak Kereta Api Argo Semeru yang mengalami anjlok di petak jalan antara Sentolo - Wates, berdampak pada perjalanan KA lainnya. 

Kereta api yang memutar lewat jalur utara adalah KA 115 Ranggajati yang memutar di Yogyakarta menuju Solo dan Cirebon. Kemudian KA 105 Gaya Baru Malam Selatan yang memutar Solo – Cirebon Prujakan. 

BACA JUGA:Kereta Api Argo Semeru Anjlok, Sejumlah KA Dialihkan lewat Jalur Utara

"Karena memutar jadi waktu tempuh menjadi lebih lama. Kami memohon maaf kepada penumpang atas kejadian ini," kata Manajer Humas PT KAI Daop III Cirebon, Ayep Hanapi, kepada radarcirebon.com, Selasa, 17, Oktober 2023.

Dijelaskan Ayep, dampak dari gangguan operasional di jalur hulu dan hilir KM 520+4 petak Jalan Sentolo – Wates di Kabupaten Kulon Progo, jalur tersebut belum dapat dilalui kereta api. 

Untuk mempercepat proses evakuasi, telah dikirimkan KLB KP 10238 CN 15.00 atau crane. 

"Untuk saat ini jalur KA belum dapat dilalui dan perjalanan KA terganggu. Sebagian KA Memutar melalui Lintas Utara," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: