SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar di Indonesia, Abdul Fatah Bilang Begini

SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar  di Indonesia, Abdul Fatah Bilang Begini

Kegiatan job fair di SMK Wahidin Cirebon memberikan peluang kerja lebih mudah bagi lulusan SMK. Foto:-Apridista Siti Ramadhani-Radarcirebon.com

SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar di Indonesia, Abdul Fatah Bilang Begini 

CIREBON, RADARCIREBON.COM - SMK disebut sebagai penyumbang pengangguran terbesar di Indonesia.

Hadirnya Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK diharapkan dapat menciptakan lulusan yang siap kerja. 

Namun hingga saat ini menurut data statistik ketenagakerjaan, SMK di Indonesia masih menjadi penyumbang angka pengangguran terbesar.

Perwakilan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat, Abdul Fatah menuturkan secara umum SMK di Indonesia hingga saat ini masih menjadi penyumbang pengangguran terbesar. 

Namun seiring dengan adanya berbagai kegiatan Job Fair yang digelar di beberapa SMK angka statistik tersebut bisa ditekan.

BACA JUGA:'Terbang Asyik dari Kertajati', Menhub Budi Karya Tinjau Persiapan Peralihan 29 Oktober 2023

BACA JUGA:Jangan Kaget! Aplikasi Ini Buatan Israel, Biasa Dipakai Jutaan Masyarakat Indonesia, Sudah 100 Juta Download

"Kini mulai banyak yang menggelar kegiatan Job Fair, kami sangat apresiasi hal tersebut semoga ke depan lulusan SMK bisa bekerja di berbagai macam perusahaan," tuturnya.

Faktor yang mempengaruhi banyaknya pengangguran dari SMK menurutnya karena informasi yang tidak didapatkan seara akurat oleh para lulusan SMK. 

Sehingga banyak peluang kerja yang dilewati begitu saja. Melalui kegiatan job fair diharapkan informasi seluas-luasnya dapat didapatkan oleh para peserta didik. 

"Sistem informasi yang harus dibenahi oleh sekolah, sehngga peluang kerja bisa didapatkan oleh peserta didik," ungkapnya.

Ia juga menambahkan saat ini kualitas lulusan SMK sudah dipersiapkan untuk bisa siap kerja di dunia usaha. Kurikulum yang digunakan juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini. 

BACA JUGA:Disnaker Fasilitasi Pencaker Membuat Kartu Kuning di Job Fair SMK Wahidin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: