8 Oleh-Oleh Khas Cirebon Yang Tahan Lama, Bisa Dibawa Pulang Dalam Perjalanan Jauh!

8 Oleh-Oleh Khas Cirebon Yang Tahan Lama, Bisa Dibawa Pulang Dalam Perjalanan Jauh!

batik cirebon-ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Apakah kamu sedang merencanakan perjalanan wisata ke Cirebon?, rasanya belum lengkap kalau kamu tidak membawa pulang oleh-oleh khas dari kota ini. Ada beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon yang tentunya tahan lama untuk kamu bawa pulang loh.

Cirebon, dikenal sebagai Kota Udang, adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memikat dengan pesona uniknya.

Terletak di pesisir, kunjungan ke Cirebon akan memberikan pengalaman pemandangan laut yang menenangkan dan aroma laut yang khas.

Karena lokasinya yang menguntungkan bagi pecinta laut, banyak wisatawan menikmati kuliner khas Cirebon, yang dikenal dengan kelezatan hidangan lautnya, terutama udang.

BACA JUGA:Kode Zulhas: Bismillah Mas Wali

Selain itu, kota Cirebon pun memiliki beragam budaya yang unik sehingga banyak wisatawan yang juga merasa penasaran ingin menjelajahi dan mempelajari kebudayaan yang ada di Kota Cirebon ini.

Tidak hanya keindahan wisata, tetapi juga kelezatan kuliner kota ini yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Banyak oleh-oleh khas Cirebon yang sudah lama terkenal dan menjadi legendaris, dan tentunya tersedia berbagai macam pilihan oleh-oleh khas yang bisa bertahan lama, mulai dari makanan lezat, camilan menggoda, hingga souvenir khas yang tak terlupakan.

Oleh-oleh khas Cirebon yang ini selalu dicari oleh para wisatawan ketika mengunjungi daerah ini.

BACA JUGA:Mantan Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi Ditunjuk jadi Pj Walikota Cimahi

Berikut ini adalah 8 pilihan oleh-oleh khas Cirebon yang dapat kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan saat berkunjung dari Kota Udang, diantaranya adalah:

1. Keripik Rambak

Salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang legendaris dan selalu diminati oleh para wisatawan adalah Keripik Rambak.

Keripik Rambak merupakan keripik kulit sapi yang gurih, renyah, dan lezat. Keistimewaan dari keripik ini terletak pada ketahanannya yang luar biasa, membuatnya menjadi pilihan oleh-oleh yang memanjakan lidah.

2. Emping Melinjo

Oleh-oleh khas Cirebon berikutnya adalah Emping Melinjo, Oleh-oleh ini juga sudah terkenal sangat lama dan selalu dicari oleh para wisatawan.

Emping Melinjo adalah keripik yang terbuat dari biji melinjo yang telah dikeringkan. Rasanya gurih dan renyah. Dikarenakan daya tahannya yang luar biasa, camilan ini merupakan pilihan ideal sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Rapimnas Partai Golkar Resmi Usung Gibran Cawapres Prabowo Subianto

3. Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit, atau kerap disebut kerupuk rambak oleh masyarakat Indonesia, adalah salah satu jenis camilan khas Cirebon yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

Kerupuk kulit khas Cirebon umumnya terbuat dari kulit sapi, kerbau, atau ikan dan memiliki rasa gurih yang akan membuat kamu ketagihan.

Kamu memiliki pilihan untuk membeli kerupuk kulit Cirebon dalam kondisi sudah matang atau masih mentah, dan harganya bervariasi tergantung pada jenis kulit dan ukuran kemasannya.

Jika kamu berniat untuk membawanya sebagai oleh-oleh, lebih baik memilih kerupuk yang masih mentah agar tahan lama.

BACA JUGA:5 Polres Terjun Amankan Pilwu Serentak 2023 Kabupaten Cirebon

4. Rengginang

Berbeda dari rengginang di daerah lain di Indonesia, rengginang Cirebon memiliki karakteristik yang unik. Selain beras ketan yang dikeringkan, rengginang Cirebon juga menggunakan terasi udang untuk memberikan rasa gurih khasnya.

Rengginang tersedia dalam bentuk matang dan mentah, walaupun kebanyakan wisatawan lebih suka membeli yang sudah matang karena lebih praktis.

Dengan perubahan zaman, rengginang khas Cirebon kini juga hadir dalam berbagai varian rasa seperti pedas, udang, dan keju.

Jika kamu ingin mencicipi rengginang dengan berbagai rasa ini, kamu dapat mengunjungi berbagai toko oleh-oleh khas Cirebon.

BACA JUGA:Inilah 6 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Cirebon Kekinian yang Terkenal Enak & Murah

5. Terasi Udang

Terasi udang khas Cirebon merupakan produk bumbu masak rumahan yang sudah terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Buat kamu yang suka sambal terasi atau hidangan lain dengan olahan terasi udang sebagai tambahan, membeli oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Tidak jauh berbeda dari terasi di tempat lain, terasi Cirebon juga terbuat dari rebon atau udang yang berukuran sangat kecil. Bedanya, terasi udang di kota ini tidak menggunakan pengawet apa pun.

Bentuknya yang ekonomis karena dibungkus dalam satu wadah siap saji tentu akan memudahkan kamu saat membawanya pulang ke rumah.

BACA JUGA:Liburan Jangan Lupa Bawa Buah Tangan!, Ini Dia Aneka Oleh-Oleh Khas Kota Cirebon Yang Populer

6. Batik Trusmi

Selain makanan sebagai oleh-oleh khas Cirebon, ada juga oleh-oleh berupa barang, salah satunya adalah Batik Trusmi, batik khas Cirebon ini terkenal sangat legendaris dan dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Batik Trusmi merupakan pusat batik terkenal di Cirebon. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan kain batik, pakaian, aksesori, dan kerajinan tangan batik lainnya sebagai kenang-kenangan istimewa.

7. Tapis Cirebon

Tapis Cirebon merupakan sejenis kain tradisional yang sering digunakan sebagai selendang atau penutup di Cirebon. Kain ini umumnya dihias dengan bordiran rumit dan berwarna-warni yang menarik.

Oleh-oleh khas Cirebon yang terkenal sejak lama dan selalu dicari oleh para wisatawan.

BACA JUGA:Liburan Jangan Lupa Bawa Buah Tangan!, Ini Dia Aneka Oleh-Oleh Khas Kota Cirebon Yang Populer

8. Wayang kulit

Wayang kulit adalah bentuk seni tradisional Indonesia yang mengandalkan bayangan kulit sebagai medium untuk pertunjukan.

Di Cirebon, seni wayang kulit ini memiliki karakteristik yang unik. Kamu bisa mendapatkan wayang kulit ini sebagai oleh-oleh untuk koleksi pribadi atau elemen dekoratif dirumah atau tempat tertentu.


Itulah beberapa rekomendasi Oleh-oleh khas Kota Cirebon yang bisa kamu beli dan tentunya tahan lama untuk dibawa pulang.

Supaya pengalaman liburan kamu di Cirebon menjadi lebih berkesan, sebaiknya kamu bawa oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman dirumah ya. Tentunya pastikan untuk membeli oleh-oleh khas yang sangat popular ini ditempat yang terpercaya.

BACA JUGA:SD Peradaban Global Quran Serahkan Donasi Untuk Palestina Melalui Rumah Zakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: