Kisah Iwan Fals Jadi Crew Sawung Jabo, Terpukul Gara-gara Konser 100 Kota Ditolak Pemerintah Orde Baru

Kisah Iwan Fals Jadi Crew Sawung Jabo, Terpukul Gara-gara Konser 100 Kota Ditolak Pemerintah Orde Baru

Sosok musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals ternyata pernah jadi crew Sawung Jabo. Foto:-@iwanfals-Twitter

Iwan Fals kemudian memutuskan bergabung dengan musisi asal Jawa Timur tersebut dan terlibat dalam proyek musisi Sawung Jabo sebagai crew.

"(lagi) bingung lah. Terus ada Jabo (Sawung Jabo). Dia mau bikin pertunjukan. Aku jadi crew-nya dia. Bikin (pertunjukan) di TIM (Taman Ismail Marzuki). Gua angkat-angkat keyboard, gitar, bantu-batu," tutur Iwan Fals kepada Vincent dan Desta di kanal Youtube Vindes.

Menurut Iwan Fals, keterlibatan dirinya dalam pertunjukan Saung Jabo tersebut merupakan bagian dari proses menyembuhkan luka di dalam dirinya.

BACA JUGA:2 Orang Berhasil Dievakuasi dari Puncak Marapi Pasca Erupsi, Proses Pencarian 12 Pendaki Dilanjut Hari Ini

"Sambil nyembuhin kan, luka ya," imbuh pelantun lagu Bongkar tersebut.

Luka tersebut yang ditimbulkan akibat kegagalan menggelar konser 100 kota lantaran tidak mendapatkan izin dari pemerintah. 

Seperti diketahui, lirik lagu Iwan Fals yang bertema sosial kerap dinilai sebagai kritikan dan sindiran pedas terhadap pemerintah yang sedang berkuasa.

Di tengah proses keratifnya bersama Sawung Jabo itu lah kemudian terlahir grup band SWAMI.

Grup band ini berisikan para musisi legendaris Indonesia seperti Iwan Fals sendiri bersama Sawung Jabo. Kemudian Naniel Yakin, Nanoe, Innisisri, Jockie Suryoprayogo dan Totok Tewel.

SWAMI aktif selama tiga tahun dan melahirkan dua buah album musik yang lagu-lagunya masih terkenal hingga sekarang. Antara lain Nyanyian Jiwa dan Hio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: