Ini Alasan Para Kuwu di Kecamatan Mundu Lebih Pilih Masuk Kota Cirebon Ketimbang Masuk Cirebon Timur

Ini Alasan Para Kuwu di Kecamatan Mundu Lebih Pilih Masuk Kota Cirebon Ketimbang Masuk Cirebon Timur

Kecamatan Mundu lebih memilih untuk masuk ke Kota Cirebon daripada bergabung ke DOB Cirebon Timur.-Gmaps-radarcirebon.com

Cirebon, RADARCIREBON.COM - Para kuwu atau kepala desa di Kecamatan Mundu lebih memilih masuk ke Kota Cirebon daripada bergabung dengan DOB Cirebon Timur.

Rencana Calon Daerah Otonomi Baru yang sudah diparipurnakan oleh DPRD Kabupaten Cirebon tersebut, memang hanya berisi 16 kecamatan.

Semula terdapat 18 kecamatan yang diajukan untuk menjadi DOB Cirebon Timur, termasuk di dalamnya Kecamatan Mundu dan Kecamatan Beber.

Ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) Kecamatan Mundu, H Haerun membenarkan bahwa desa yang ada di Kecamatan Mundu lebih memilih masuk ke Kota Cirebon.

BACA JUGA:Kecamatan Mundu dan Beber Tak Ada di DOB Cirebon Timur, Masuk ke Kota Cirebon?

Faktor jarak tempuh dan infrastruktur menjadi pertimbangannya, terutama terkait dengan pelayanan publik yang akan jauh lebih dekat.

“Kalau boleh memilih, kita desa-desa yang ada di Kecamatan Mundu lebih pilih masuk Kota Cirebon," demikian dikatakan H Haerun, beberapa waktu lalu.

Herun mengklaim bahwa pilihan bergabung dengan Kota Cirebon bukan semata keinginan pribadi dirinya atau kuwu-kuwu se Kecamatan Mundu. 

Dia menegaskan, bahwa keinginan tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat.

BACA JUGA:Tepati Janji, DPRD Setujui DOB Kabupaten Cirebon Timur

“Kita itu berdasarkan keinginan masyarakat. Jadi  masyarakat itu memang lebih pilih masuk Kota Cirebon," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Haerun bahkan mengatakan, bahwa usulan agar Kecamatan Mundu masuk wilayah Kota Cirebon sudah disampaikan kepada Bupati Cirebon Imron MAg. 

“Sudah kita sampaikan ke Pak Bupati bahwa kita pilih masuk Kota Cirebon. Namun Pak Bupati belum menjawab,” ujarnya.

Ditambahkan Haerun, alasan warga Kecamatan Mundu memilih untuk gabung ke Kota Cirebon lantaran faktor jarak dan infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: