Panwascam Kejaksan Ikut Awasi Gudang Logistk KPU Kota Cirebon

Panwascam Kejaksan Ikut Awasi Gudang Logistk KPU Kota Cirebon

Panwascam Kejaksaan, Kota Cirebon gelar konferensi pers terkait informasi pengawasan gudang logistik KPU Kota Cirebon.-Azis Muhtarom-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Panitia pengawas pemilu Kecamatan (Panwascam) Kejaksan, Kota Cirebon turut serta mengawasi distribusi kedatangan logistik pemilu.

Penyimpanan logistik Pemilu berada di gudang Penyimpanan logistik KPU Kota Cirebon, di kawasan Prognggol Kecamatan Lemahwungkuk.

Hal ini, sebagai bentuk pengawasan melekat (Waskat) daripada tupoksi yang dijalankan oleh jajaran pengawas pemilu.

BACA JUGA:Ahmad Yani Kembali Nahkodai Attaqwa Center Cirebon

Ketua Panwascam Kejaksan Subagio menjelaskan, pengawasan yang dilakukan saat ini, selain memonitor proses. 

Pihaknya juga memonitor pengadaan logistik surat suara pemilihan umum tahun 2024 di gudang logistik KPU Kota Cirebon.

“Hasil pengawasan saat ini yang sudah datang baru surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Cirebon saja, sedangkan surat suara lainnya seperti Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPR RI, DPD dan DPRD Provinsi menyusul,” jelasnya, Selasa 12 Desember 2023.

Selain surat suara, pihaknya mencatat logistik yang telah sampai di gedung KPU Kota Cirebon, di antaranya berupa kotak suara, bilik suara, tinta, segel, segel plastik, bantalan dan alat coblos, tanda pengenal, alat tulis serta plastik pembungkus dan surat suara.

BACA JUGA:Soal Penegakkan HAM di Papua, Ketiga Capres: Dialog Harus Diketengahkan

Dia memaparkan, berdasarkan data yang diterima pihaknya, kebutuhan suara pemilihan anggota DPRD kota Cirebon ditambah surat suara PSU (Pemilihan Suara Ulang), sebanyak 5.000 box, sehingga total keseluruhan surat suara tercetak adalah sebanyak 262.924 lembar.

Sedangkan, kebutuhan surat suara di Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Kejaksan-Pekalipan berjumlah 124 box, dengan rincian 123 box isi 500 lembar dan 1 box isi 436 lembar. Sehingga totalnya dibutuhkan 61.936 lembar.

Perincian jumlah suara di Dapil 1 Kecamatan Kejaksan-Pekalipan yang tercetak dan terdistribusi ialah jumlah DPT ditambah 2 persen dari jumlah DPT di masing-masing TPS dengan jumlah 60.936 lembar ditambah surat suara PSU sebanyak 1.000 lembar.

BACA JUGA:Anies Sindir Gibran, Prabowo: Jangan Munafik, Ganjar: Pemerintah Dijalankan Bukan dengan Kata-kata

Anggota Panwascam Kejaksan lainnya Tuty Syarifah Syahputri menambahkan, surat suara dicetak oleh PT Gramedia Site Bawen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase